Pages

Sehat dan Segarnya Jambu Air



Jambu Air…

Apa yang terbersit di kepala anda sewaktu mendengar Jambu Air? Pasti Buah, manis, yang berair dan segar. Saya akan mencoba membuat tulisan mengenai Jambu Air ini (karena saya salah satu penggemar Jambu) semoga bermanfaat……….

Jambu Air (Eugenia Aquea Burm) adalah tanaman buah yang termasuk ke dalam jenis tanaman perdu (tinggi 3-10m) dan bercabang banyak.  Tumbuh baik di daerah yang curah hujannya rendah/kering dan cenderung berangin (berguna untuk penyerbukan).

Seperti kita ketahui, Jambu air umumnya dikonsumsi sebagai bauh segar pencuci mulut, biasa untuk rujak, atau sekarang-sekarang ini diolah menjadi jus, sirup atau koktail. Sayangnya, tak banyak yang tahu, kegunaan lain Jambu Air lainnya selain hanya sebagai hidangan pencuci mulut.

Jambu Air ternyata sangat bermanfaat dalam pengobatan maupun perawatan kecantikan. Jambu Air dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kulit atau membuat kulit lebih segar berseri. Vitamin C dan A yang terkandung dalam Jambu Air, dipercaya mampu mempartahankan kekenyalan kulit. Dalam 100 gram buah jambu terdapat vitamin C yang hampir setara dengan jeruk mandarin (22mg). Vitamin A yang dimiliki Jambu Air juga lebih tinggi dari Apel. Selain itu, Jambu Air juga merupakan alternative sumber mineral zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, dan mangan.

Sifatnya yang kaya akan serat air (mendinginkan), dapat menetralkan depresi/stress serta mengurangi efek samping stress seperti kerutan/kisut di bawah kelopak mata. Selain itu, seratnya dapat memperlancar proses pencernaan dan berfungsi sebagai pencegah kanker usus. 

Kelemahan utama Jambu Air adalah sifatnya yang mudah busuk dan tidak tahan lama. Sehingga diajurkan untuk mengkonsumsi jambu air segera setelah dipetik. 

Dari tanaman Jambu Air, juga dapat dimanfaatkan Kayu dan Daunnya. Kayu Jambu Air dapat digunakan sebagai bahan bangunan (walaupun cenderung kecil, tahan lama  asal tidak kena tanah) dan menjadi kayu bakar. Daun jambu Air juga umum digunakan sebagai pembungkus tape ketan. 

Melihat banyaknya manfaat yang didapat dari Jambu Air, tidak ada salahnya menanam tanaman Jambu Air di pekarangan… Satu Pohon banyak Manfaat…



T.ia

0 komentar:

Posting Komentar