Pages

Tahu bulat, Unik dan Enak!



Tahu Bulat di Pasaran


Siapa yang tidak kenal yang namanya Tahu. Salah satu olahan kedelai ini merupakan salah satu panganan favorit masyarakat Indonesia. Dan baru-baru ini, marak dijual di masyarakat varian dari Tahu goreng, yaitu Tahu Bulat. 

Secara garis besar, Tahu Bulat memang tidak jauh berbeda dengan tahu goreng pada umumnya. Namun, perbedaan yang mendasar adalah bentuknya yang bulat dan cenderung lebih gurih. Dengan bentuknya yang lain daripada bentuk tahu pada umumnya dan rasanya yang gurih karena adanya penambahan bumbu pada proses pembuatannya, membuat Tahu Bulat dengan cepat digemari oleh masyarakat luas.
Tahu Bulat yang beredar dipasaran kebanyakan merupakan produk masal dari beberapa produsen besar. Para penjual gorengan tahu bulat hanya menggorengnya dan kemudian menjualnya ke konsumen. Hal tersebut dikarenakan, proses pembuatannya yang relative lama dan mengharuskan memiliki mesin cetakan bulat.

Secara garis besar, Cara pembuatan Tahu Bulat harus melalui 2 proses pengolahan: Pembuatan Tahu Putih biasa dan Pembuatan Tahu Bulat. Tidak berbeda dengan pembuatan Tahu putih biasa, kedelai yang sudah direbus, kemudian digiling dan diambil sarinya yang kemudian dicetak menjadi tahu. Yang berbeda kemudian adalah Proses kedua yaitu pembuatan Tahu Bulat. Tahu putih diolah kembali dengan cara dihancurkan atau dicacah dan diberi tambahan bumbu. Setelah itu, siap dicetak bulat-bulat.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggorengan Tahu Bulat:
1.       Penyimpanan Tahu bulat diusahakan diletakan di cooler box atau lemari es. Tetapi jangan di freezer, karena Tahu Bulat tidak akan mengembang secara sempurna saat digoreng.
2.       Saat menggoreng, yang perlu diperhatikan adalah suhu minyak yang jangan terlalu panas, karena jika terlalu panas, Tahu Bulat akan pecah/meletus.
3.       Lamanya waktu penggorengan maksimal 15 menit dengan api kecil. Jika terlalu lama, nanti akan pecah/meletus.

Selain dapat diolah menjadi tahu goreng biasa, Tahu Bulat juga dapat dibuat Keripik Tahu. Yaitu dengan menggunting menjadi dua bagian dan dibuang isinya, kemudian di goreng kembali sampai benar-benar kering. Keripik Tahu tersebut dapat bertahan selama 1,5 bulan lho..
Hmm… setelah tahu tentang Tahu Bulat, tidak heran jika Tahu Bulat sangat laku dipasaran…
Selamat Mencoba…


T.ia

0 komentar:

Posting Komentar