Pages

Sudah Saatnya Investasi Emas…!!!



Sudah tahu berapa harga emas per gramnya sekarang? Sejak awal tahun 2011, harga emas di pasaran melonjak tajam dan agustus sekarang sudah menembus kisaran Rp.500.000 per gram untuk emas murni (batangan) dan Rp.480.000 untuk emas perhiasan. Dan diperkirakan akan terus naik jika dilihat dari kurs dollar yang melemah dan krisis pasar dunia. “Permintaan emas sepertinya akan naik terus mengikuti pemangkasanrating utang AS” kata Edel Tully, analis UBS AG dikutip dari Bloomberg.

Melihat fakta yang ada, tidak salahnya bagi kita untuk mulai melirik emas sebagai investasi yang (sangat) menguntungkan. Kenapa harus emas? Yang pertama, harga emas cenderung stabil. (apalagi sekarang yang semakin meningkat) Kedua, investasi yang aman. Bila dibandingkan dengan investasi saham, emas masih termasuk investasi yang lebih aman. Minat akan emas cenderung stabil, membuat nilai jual beli emas tidak terlalu dinamis. Yang ketiga, emas dapat dikatakan sebagai pelindung kekayaan. Jika investasi lainnya akan jatuh saat inflasi terjadi, harga emas malah cenderung naik. (emas tidak punya efek inflasi: Zero Inflation Effect)

Lalu bagaimana kita memulai investasi emas? Yang pertama kita harus membeli emas. Berikut saya berikat tips-tips investasi emas:
1.       Disarankan untuk investasi dalam bentuk emas batangan atau koin (murni), namun jika ingin dapat dipakai, emas perhiasan juga tidak salah.
2.       Update Kurs Emas. Kurs emas dapat di-update di website PT.Aneka Tambang (updatenya pukul 09.30 setiap hari)
3.       Memilih tempat dan kondisi emas.
Pilihlah tempat yang memiliki reputasi tinggi dan teliti saat memilih emas. Untuk emas batangan, disarankan untuk membeli emas di PT. Aneka Tambang atau ingin perhiasan, belilah di tempat terpercaya atau di lelang pegadaian. Selain aman dari pemalsuan, juga akan terhindar dari resiko barang illegal.
4.       Simpanlah koin atau batangan emas anda di bank. Jangan di rumah, demi menghindari resiko pencurian.

Yang perlu diperhatikan saat investasi emas:
1.       Penyimpanan dan perawatan emas harus diperhatikan, karena untuk koin atau batangan emas, jika cuil atau penyok akan mengurangi nilai. Oleh karena itu, disarankan dititipkan di bank jika jumlahnya banyak.
2.       Karena sifatnya yang cenderung stabil, return emas sering dirasa kurang menggairahkan.
3.       Tidak disarankan untuk investasi emas hanya dalam jangka pendek (1 tahun atau kurang).(kurang maksimal)


Semoga tulisan ini dapat menambah informasi anda tentang keberadaan emas dan manfaatnya selain sebagai perhiasan. Investasi emas merupakan investasi Tepat saat Kritis…… mari kita berinvestasi……


T.ia

0 komentar:

Posting Komentar