Pages

Berkenalan dengan Flek Hitam


Siapa diantara kalian yang merasa sebal tiba-tiba ada titik hitam di wajah atau daerah leher dan sekitarnya? Ya, umumnya kita menyebutnya flek hitam. Saya sendiri mulai risih dengan mulai ada beberapa noda hitam di wajah saya. huh...

Oleh karena itu, saya akan membuat tulisan mengenai flek hitam ini agar anda (dan saya juga) dapat mengetahui lebih lanjut mengenai hal menyebalkan tersebut.


Flek hitam umumnya tidak berhubungan dengan tipe kulit lho. Flek hitam cenderung dipengaruhi oleh genetic, hormone, paparan sinar ultra violet dan kosmetika yang memicu pigmentasi.
Flek hitam ada 2 jenis: akibat sinar matahari (biasa disebut freckles/sun spots) dan juga Melasma (karena faktor genetic/hormone yang dipicu oleh sinar matahari).

Pada dasarnya flek merupakan hasil mekanisme pertahanan diri yang merupakan respon dari kulit yang terkena sinar matahari. Atau gampangnya, flek hitam muncul pertanda kulit bekerja keras melakukan perlindungan terhadap sinar matahari dan radikal bebas. 



Oleh karena itu, untuk mengurangi flek hitam dan mengurangi ‘kerja keras’ kulit kita, dapat dilakukan beberapa hal:

Pertama: hindari sebisa mungkin paparan sinar matahari langsung, khususnya sinar matahari pukul 09.00-14.00. Jika ingin bepergian sebaiknya menggunakan pelindung seperti payung atau topi lebar, atau oleskan tabir surya (SPF 15 atau 30)

Kedua: khusus di usia 25, dimana metabolism mulai bergerak melambat, kita harus membantu tubuh dalam meregenerasi kulit. Lakukan scrub seminggu sekali.

Ketiga: Krim malam juga dapat membantu dalam menutrisi kulit. Pemakaian krim malam sebelum tidur dapat merangsang regenerasi kulit.

Nah, ketiga cara di atas semoga dapat memberikan solusi bagaimana menghilangkan flek hitam wajah anda yang sudah terlanjur ‘tertempel’ flek hitam. Memang tidak langsung kelihatan, namun secara perlahan. Semua perlu proses.

Semoga berhasil…


T.ia

Sumber: gerry-tk.blogspot.com, artikel-tentang-kesehatan.blogspot.com, nurulaisyah2.wordpress.com

7 komentar:

Honeylizious Rohani Syawaliah mengatakan...

alhamdulillah saya sudah 25 tahun dan flek hitam tidak ada karena sudah beberapa bulan ini saya menggunakan oriflame rangkaian perawatan lengkap. Putih sih enggak ya, tapi kulit mulus dan cerah :D

rendy pratama mengatakan...

paling dikatutin sama wanita yang memasuki usia 30 tahunan...

ASAZ mengatakan...

memang kayaknya wanita takut sama, flek, kerut. uban...dst itu tandanya usia bertambah

Punya.Tia mengatakan...

@honey:oyaa??? saya mw pake BB cream aja kayaknya..hehe


@rendy: hoooo..... saya masih muda kok..hehe

@asaz: hehhee..emang iya... tp masih muda kok sayah......hehee

Penghuni 60 mengatakan...

aku gak mau ah kenalan ama flek hitam, apalagi kalo menyuruhnya mampir...
eh, aku lbh suka kenalan ama kamu...
:)
aku dah follow, follow balik ya...

satria yuwana mengatakan...

ho... keren... terimakasih ya. hbs baca jd dikit" tau tentang permasalahan yg di derita ibuk ku :D
kasian dan udah bosen juga aku kalo tiap bulan harus nganterin beliau ke dokter kulit soalnya hahaha

Punya.Tia mengatakan...

@penghuni60: kunjungan balik sudah terlaksana..hehe

@satria: ??? wadohh... rajin treatment ke dokter ya ibunya?? saluuutt...

Posting Komentar