Pages

HATI-HATI Sandal Jepit ternyata Berbahaya..!

 sandal jepit juga memiliki efek negatif lho..!

Siapa yang tak kenal dengan yang namanya Sandal Jepit?? Jenis sandal yang sudah menjadi favorit semua kalangan ini disukai banyak orang karena rasa nyaman yang dihasilkannya. Dengan desainnya yang sederhana dan simple serta kenyamanan yang didapat, membuat Sandal Jepit digunakan oleh semua kalangan. Lihat saja, dari anak kecil hingga lansia, pasti memiliki sandal jepit. Dari yang miskin hingga yang kaya, pasti pernah merasakan kenikmatan menggunakan Sandal Jepit saat waktu santai. 

Dibalik rasa nyaman saat menggunakannya, ternyata sandal jepi memiliki efek samping yang berbahaya. Sejumlah peneliti Amerika mengungkapkan penggunaan Sandal Jepit akan berakibat negative untuk kesehatan apalagi jika digunakan dalam jangka waktu lama. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa sandal Jepit disebut akan mengganggu kesehatan. Yang pertama adalah Tegangan yang meningkat di kaki, khususnya daerah jari. Jika menggunakan Sandal Jepit, ibu jari dapat tertekan yang akan berefek negative pada jaringan otot kaki, misalnya: pembengkakan, nyeri dan ngilu di kaki. Sehingga disarankan untuk memakai Sandal Jepit yang memiliki tali penyangga di bagian pergelangannya. Tali tersebut dapat digunakan untuk menyangga otot kaki dan mencegah terjadinya cidera karena tidak bertumpu pada satu daerah saja.

Faktor lainnya adalah desain datar sandal yang ternyata memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan. Tidak adanya lekukan pada kaki akan menyebabkan tekanan yang semakin besar terjadi pada tumit. Jika tidak adanya bantalan pada tumit  atau lekungan telapak kaki, akibatnya akan terjadi nyeri pada lutut, pinggul dan punggung. Jika dibiarkan maka akan terjadi peradangan pada seluruh jaringan otot di seluruh telapak kaki dan akan menyebabkan sakit menyeluruh pada kaki dan punggung.

Dua faktor di atas jelas dapat menyebabkan keluhan dan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Nah, sekarang jadi tahu kan, ternyata sakit pada kaki dan punggung, tidak hanya karena pemakaian sepatu yang berhak namun yang datar juga bisa. Jadi solusinya apa??

Pakailah sandal yang memiliki sol, tetapi jangan terlalu tinggi, asal cukup untuk memberikan bantalan pada lekungan pada tumit.

Dan dari uraian diatas, ternyata model-model sandal yang harus memiliki hak itu ada manfaat kesehatanya juga ya... saya kira cuma untuk fashion saja…hehe….



Sumber Gambar: auwoo.wordpress.com
T.ia


2 komentar:

Aji Prast mengatakan...

Sandal favorit saya. Artikelnya bagus .. :)

Punya.Tia mengatakan...

trimakasiihh... follow dong mas.hehhee ntr sy folback deh...hehee

maklum newbie..hehee

Posting Komentar