Pages

Save BBM for plat Kuning dong..


Rencananya April mendatang, harga BBM di Indonesia akan kembali dinaikkan, menjadi sekitaran Rp 6000 per liter premium. Nah, bagaimana reaksi saya, anda, kita?? Jujur, saya tidak keberatan terhadap rencana tersebut. Tidak Pro Rakyat Kecil dong??? Eiitss.. nanti dulu, ada alasan saya pro....

Saya pro kenaikan BBM itu karena ya selama ini memang belum tepat sasaran. Yang selama ini beli premium itu kan malah mereka yang bermobil, rakyat kecil yang biasanya ‘ngangkot’ mah tidak berpengaruh (tapi akan sangat berpengaruh bagi si sopir angkutan jika tariff angkutan tidak naik).


 Nah, yang saya ingin garis bawahi adalah coba pemerintah buat aturan khusus mobil plat kuning (angkutan masal) terkait dengan kebijakan kenaikkan harga BBM tersebut. Menurut saya, momen kenaikan harga BBM nanti, tepat momennya dengan promo angkutan umum Indonesia. Langkahnya yaitu: tidak ada kenaikan untuk mobil-mobil plat kuning.

Dengan tariff murah angkutan umum, dan semakin mahalnya biaya premium untuk kendaraan plat hitam, sudah bisa dipastikan kemana masyarakat akan memilih moda transportasi andalan mereka. Sebenarnya, dari dahulu retorika transportasi Indonesia yang carut marut saya pikir bisa dengan mudah diatasi dengan fasilitas angkutan umum masalnya. Masyarakat Indonesia tidak bodoh kok, kita tahu mana yang sebaiknya digunakan. Namun ya itu, jika kami diharap untuk lebih memakai transportasi umum, fasilitasnya ya mesti diperhatikan. Jangan hanya menghimbau, menyuruh, memerintah untuk naik angkutan umum, tapi tidak ada perhatian bagi moda transportasi masal. 


 Lewat tulisan ini, saya ingin usul. BBM boleh naik, tapi jangan untuk kendaraan plat kuning (angkutan umum). Itu bisa menjadi salah satu ‘keringanan’ dari pemerintah dan juga ajang bagi promosi angkutan umum kita.
Ini pendapat pribadi saya… maaf jika tidak sesuai dengan pemikiran anda para pembaca. Komen dan kritik akan saya terima..hehe…

*maklum, sangat prihatin dengan transportasi Indonesia.. (meni water pisan…) hhahaa


T.ia

Sumber gambar: metro.vivanews.com, indonews.org, republika.co.id

3 komentar:

Susan Lolo Bua mengatakan...

gra2 BBM mau naik, Indonesia rushuh trus... demo smpe rusakin aset2 negara..! siapa yang mau disalahin??

Stupid monkey mengatakan...

wew, lagi2 kudu maklum, hihihi, kita bangsa yg pemaklum ya :p

Punya.Tia mengatakan...

@susan: betulll... demo boleh, tp jgn rusuh pliiizzz...

@stupid monkey: hmmm.... kita bisa apalagi coba?

Posting Komentar