Pages

Garam vs Hipertensi

garam vs hipertensi

Semua orang pasti sering mendengar bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam. Akan tetapi, tidak banyak dari kita yang mengetahui bagaimana garam dapat menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi tinggi. Oleh karena itu, saya akan mencoba membahas, bagaimana proses garam menyebabkan tekanan darah seseorang.
Jika kadar garam dalam tubuh kita tinggi, maka otomatis tubuh akan berusaha menetralkan, yaitu dengan cara mengencerkannya. Caranya adalah dengan air, melalui dua proses mekanisme:
1.       Kadar garam yang tinggi akan merangsang pusat haus di otak, sehingga seseorang akan minum air dengan kadar lebih banyak. (cepat haus)
2.       Kadar garam yang tinggi juga menyebabkan pelepasan hormon antidiuretik, yaitu hormon yang menyebabkan ginjal menyerap kembali sebagian besar air yang telah disaring, sebelum dikeluarkan menjadi air kemih. Sehingga menjadikan sejumlah besar air masuk kembali ke dalam pembuluh darah.
Kedua mekanisme diatas menyebabkan volume darah di dalam tubuh bertambah. Itulah yang menyebabkan tekanan darah dalam tubuh kita meningkat.
Salah satu cara bagaimana menjaga agar tekanan darah dalam tubuh stabil, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang menandung potassium, karena potassium dalam tubuh akan bereaksi untuk membuang sodium (yang ada dalam garam), sehingga dapat menurunkan kadar garam dalam tubuh. Potasium banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

T.ia

0 komentar:

Posting Komentar