Pages

Kerupuk Kemplang khas Lampung


Sudah pernah pelesir ke Lampung?? Dan,, apakah sudah tahu oleh-oleh apa yang khas dari Propinsi paling ujung Pulau Sumatra tersebut?? Yang khas dari Lampung antara lain:  keripik pisang, kopi lampung dan kerupuk kemplangnya. Tiga makanan tersebut merupakan primadona belanjaan para wisatawan yang datang ke Lampung. 

Berikut ini saya akan khusus mengulas Kerupuk Kemplang khas Lampung.



Kerupuk kemplang memiliki persamaan dengan kerupuk Palembang, karena dibuat dengan campuran ikan. Namun perbedaannya adalah krupuk ikan Palembang digoreng dan krupuk kemplang dipanggang. Cara pembuatannya yang dipanggang sehingga otomatis tanpa minyak, membuat krupuk kemplang cocok untuk mereka yang sedang diet minyak. 

Mengenai rasanya, karena terbuat dari campuran ikan, maka tidak jauh berbeda dengan rasa kerupuk ikan Palembang. Gurihnya ikan dicampur dengan sambal khusus (biasanya disertakan dalam plastik bungkusan kerupuk kemplang) membuat kerupuk kemplang memiliki cita rasanya sendiri.
Kerupuk kemplang juga unik dengan teksturnya yang agak keras (karena dipanggang) bila dibandingkan dengan renyah dan empuknya kerupuk ikan khas Palembang. Namun, disitulah seni dan faktor naggih dari kerupuk kemplang. 

Untuk mendapatkannya, kerupuk kemplang sangat mudah ditemui di Lampung atau di daerah lain sekitar Sumatra bagian selatan. Di sepanjang jalan menuju pelabuhan Bakauheuni, anda akan disuguhan berbagai versi kerupuk kemplang, dari bungkusan kecil hingga rentengan besar. Harganya pun terjangkau, dari yang kecil seharga Rp.2500,- hingga rentengan besar sekitar Rp. 20.000,- pun tersedia. 

Semua terserah anda.. Kerupuk Kemplang makanan semua keluarga… Jangan lupa membeli Kerupuk Kemplang ya kalau ada menyeberang ke pulau Sumatra…

T.ia

0 komentar:

Posting Komentar