Pages

Penyakit Guillain Barre Syndrome (GBS)


Saya tertarik dengan satu pemberitaan di media tentang anak yang sekarat karena penyakit GBS. Apa sih Penyakit GBS itu??? 
*saya akan mencoba membuat tulisan tentang penyakit GBS itu... (Note: sumber semuanya dari googling yaaa...saya kan anak bahasa bukan kedokteran..HAHHA ^^.)


Penyakit GBS (Guillain Barre Syndrome) adalah gangguan dimana system kekebalan tubuh menyerang bagian dari system saraf perifer.  Penyakit ini menyebabkan system kekebalan tubuh kita menjadi kacau. Gampangnya, dengan tidak diminta, tubuh akan mengeluarkan kekebalan tubuh di tempat-tempat yang tidak diinginkan. 

Penyakit GBS kebanyakan menyerang orang dewasa. Namun, anak-anak pun bisa mengalaminya (2-3% kasus pada anak-anak).

Penyebab penyakit ini sampai saat ini belum diketahui tetapi pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Gejala pertama dari penyakit ini antara lain kelemahan atau kesemutan di kaki dan dapat menyebar ke lengan dan tubuh bagian atas. Semakin lama semakin meningkat, sampai otot-otot tertentu tidak dapat digunakan sama sekali atau lumpuh keseluruhan. 

Diagnosa GBS ini agak sulit dan lama karena seperti kasus umum sehingga harus menelusuri riwayat kesehatan dari fisik maupun tes laboraturium. Dari riwayat penyakit, obat-obatan yang biasa diminum, pecandu alcohol, infeksi-infeksi yang pernah di derita, gigitan kutu. Tidak lupa juga riwayat penyakit yang pernah diderita pasien maunpun keluarga pasien, misalnya diabetes, diet yang pernah dilakukan, semuanya diteliti hingga dokter dapat membuat vonis apakah ya atau tidak anda mengidap penyakit GBS. Tes labnya pun ada 3 dan berurutan: Darah lengkap, Lumbar Puncture dan EMG (Electromvogram)

Yang paling ‘menyakitkan’ dari penyakit ini dan yang paling memprihatinkan, penyakit GBS merupakan penyakit MAHAL. Penyakit ini bisa diatasi dengan deteksi dini untuk mendeteksi system imunitas apa yang terserang. Bila daya tahan tubuh pasien mengkonsumsi obat (hanya ada 1 macam), Gamamune (Imuno Globuline) yang harganya 1 botolnya mencapat 4-5juta. Obat ini akan diinfuskan ke tubuh pasien dengan takaran sesuai berat badan pasien. Rata-rata per harinya pasien membutuhkan 4-5 botol/hari. Bisa dibayangkan berapa rupiah yan harus dikeluarkan untuk pengobatan penyakit ini.

Oleh karena itu, Bersyukur kita yang sehat ini.............

T.ia

0 komentar:

Posting Komentar