Pages

Ayo Berkenalan dengan Korea Pass Card



Saya akan mengulas sedikit tentang Korea Pass Card yang saya tahu dari website Korea Tourism Organization.

Siapa tahu kamu yang baca bisa ‘be prepared’ jika ingin ke Korea nanti.

Korea Pass Card merupakan kartu prabayar khusus pariwisata (ada dua isian: Prepaid Card Credit dan Transportasi) yang dibuat oleh Departemen Kebudayaan Korea, Olahraga dan Pariwisata (MCST) dan Korea Tourism Organization (KTO). Bisa diisi dengan nominal: 50.000, 100.000, 300.000 dan 500.000 won. Kartu ini bisa digunakan untuk macam-macam: shopping, transpotasi, makan atau wisata. Singkatnya, kartu ini seperti kalau di Indonesia itu seperti Kartu jika kita masuk Trans Studio. Kita isi dulu kartu kita dan bisa digunakan untuk makan, dll dan bisa di Top Up atau isi ulang.


Dan rupanya di Korea juga menerapkan Korea Pass Card dengan sistem itu. wisatawan asing yang berkunjung ke Korea tidak perlu repot-repot menyediakan uang won dengan jumlah banyak, tinggal isi Korea Pass Card dan menggunakannya untuk banyak kegiatan dan juga ternyata banyak diskon yang ditawarkan jika menggunakan kartu tersebut dibandingkan cash. Kata sepupu saya, Korea Pass Card itu bisa digunakan di semua tempat yang ada symbol Korea Pass Card terutama Lotte Group (mereka berkerjasama) tetapi tidak bisa dipakai di toko besar seperti Hyundai Department Store, dll.

Korea Pass Card bisa mudah di dapatkan di autlet Lotte Mart dan 7-Eleven

Untuk wisatawan yang baru datang, untuk mendapatkan Korea Pass Card bisa mendatangi Koreail Points of Sale atau Hana Bank (Bandara Incheon), atau di autlet Lotte Mart atau 7-Eleven atau langsung ke kantor pusat KTO.

Oya, khusus untuk transportasi, pengisian jumlah uangnya terpisah. Jadi kita harus mengisi untuk transportasi dan untuk kepentingan wisata atau berbelanja. Tempatnya cukup mudah kata sepupu saya, semua outlet sevel (7-eleven) atau di stasiun subway di Seoul. Hmm..saya jadi mengerti, soalnya saya pernah menonton serial drama korea yang pemerannya menempelkan semacam kartu kredit saat masuk bis. Itu toh yang namanya Korea Pass Card. 

Tempelkan Korea Pass Card lalu naik bis deh..

Lalu bagaimana untuk menukarkan kembali dengan uang. Bisa dilakukan di tempat penukaran atau Refunding Points. Untuk isian Prepaid Card Credit, jumlah refundya pun tergantung dari nilai sisanya. Jika kurang dari 20 % nilai isi, maka akan dikembalikan tanpa dikenakan charge. Tempat penukarannya di tempat penukaran Tax Free Korea booth atau autlet 7-Eleven yang menjual Korea Pass Card. Namun jika nilai sisa lebih dari 20% dari nilai asli, akan dikenakan potongan 5 % dari jumlah nilai sisa. Tempat penukarannya di booth Tax Free Korea.  Sedangkan Transportasi, pengembalian dapat dilakukan di autlet 7-eleven dan booth Tax Free Korea dengan potongan 500 won. (khusus untuk Busan Pass, kita dikenakan potongan 200 won setiap nilai sisa 10.000 won)

Demikian sharing saya mengenai Korea Pass Card. Semoga bermanfaat dan kita jadi tahu kan kenapa di film-film korea itu mereka jarang membayar pakai ung cash. Hmm.. Indonesia kapan ya?? Katanya untuk Kereta Api dan toll akan segera memakai cara ini. Semoga cepat2 untuk semua public transportation deh.. biar gak ribet… hehe

Dan yang udh baca postingan saya tentang event di Facebook KTO Indonesia, yaitu: My Korean Winter Story  jng lupa ikut event itu.. Eventnya sampai tgl 20 Desember!! Mudah-mudahan saya bisa ke Korea dan bisa memakai Korean Pass Card yang tersebut..

(Keterangan: 1,000 Won kira-kira sama dengan  Rp. 8,000)

7 komentar:

Honeylizious Rohani Syawaliah mengatakan...

di Indonesia kapan ya ada yang seperti ini, kan keren banget yak... atau kartu ATM coba bisa digunakan seperti ini....

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Baru tau ada kartu beginian hehe

Punya.Tia mengatakan...

makanya saya posting.. soalnya menarik..... ga usah cash..

Kevin mengatakan...

pengennya ke Hongkong.
pengen mengunjungi TVB wakakak

Aji Prast mengatakan...

praktis juga ya...top deh postingannya :)

see this world mengatakan...

jadi praktis ya klo punya Korea Pass Card...diindonesia ada gak ya?

Punya.Tia mengatakan...

@Kevin: saya mau kemana aja yang penting gratis..hehe

@aji: hehe... teknologi tuh..

@see: Indonesia baru tol... (sebagian)

Posting Komentar