Pages

LUMPIA BASAH KHAS BANDUNG

Lumpia Basah khas Bandung

Siapa yang pernah makan lumpia? Itu lho makanan yang popular dari kota semarang yang isinya rebung dan irisan daging, yang lebih nikmat dicocol dengan kuah sambal. Nah, saya ingin menulis tentang satu , panganan khas Bandung, yang namanya hampir mirip, tetapi jauh berbeda dari lumpia semarang. Namanya Lumpia Basah.

Mungkin kalian yang ada di luar Bandung, menganggap lumpia basah itu ya semacam lumpia, yang isiannya sayur, rebung, irisan daging dan kemudian di goreng. Tetapi ternyata lumpia basah yang ada di Bandung itu berbeda lho. Lihat saja, isinya itu: Tauge, irisan bengkoang, dan telur. Semuanya ditumis dan di bungkus oleh kulit lumpia. Itu saja. Simple kan…

Saya sering makan makanan ini karena saya cukup lama tinggal di Bandung, dan merupakan makanan wajib saya jika pelesiran ke daerah sejuk tersebut. Oya, saya pernah iseng-iseng mencari di google tentang makanan satu itu, dan memang postingan tentang makana tersebut sangat sedikit. (terjawablah sudah pertanyaan saya selama ini di Jakarta, kenapa tidak ada tukang lumpia basah ya? Memang tidak terkenal)

 ini dia pembuatannya Lumpia Basah

Oya,  karena saya suka mengamati mang-mang tukang lumpia basah dulu, saya akan bagikan  resep dan cara membuatnya. (ini hasil pengamatan saya sendiri lho.. dan mulai kemarin sudah saya praktekan sendiri di rumah – saking kangennya sama makanan yang satu itu)

Bahannya:           Tauge mentah, cuci bersih
                                Bengkoang, diiris sebesar korek api, tumis.
                                Telur                                           
                                Kulit lumpia
                                Gula merah yang dicairkan

Cara membuat:                
Panaskan minyak dan masukan bumbu (bawang putih-lada-garam-penyedap rasa) dan tumis
Masukan sebutir telur dan orek bersamaan dengan bumbu
Masukan tauge dan irisan bengkoang. Aduk hingga rata dan tunggu hingga sedikit layu.
Siapkan kulit lumpia yang sudah diolesi gula merah cair.
Letakkan isian tauge tersebut di atas lapisan gula merah, dan bungkus dengan kulit lumpia.
-cara memakannya dengan memakai sumpit-

Nah, jadi deh seporsi lumpia basah yang biasanya saya beli dengan harga 3000-5000 rupiah saja. Hehe…

 isinya telur, tauge dan irisan bengkoang- jauh berbeda dengan lumpia biasanya

Hmmm..tau gak kenapa saya menulis postingan lumpia basah ini.. karena saya sampai sekarang belum berhasil menemukan abang-abang tukang lumpia basah di Jakarta. Jika ada yang tau, kasih info yaa….hahaa

*saya sih curiga ini makanan hanya ada di Bandung saja, dan memang lagi-lagi merupakan variasi makanan saja buatan orang Bandung… memang ya TOP deh masalah makanan jika di Bandung ini… ckkck….

T.ia

Gambar: id.openrice.com, nisamufti.multiply.com, kuelekker.blogspot.com

23 komentar:

ronexs.com mengatakan...

beberapa kali ke bandung saya malah belum pernah nyobain yang satu ini, kalo ke bandung biasanya ke rumah makan bancakan, cabe bakarnya nagggiihhh bangets

Punya.Tia mengatakan...

ini mah makanan pinggir jalan om.... cuma mang-mang dorongan... hehe...

Marthin_CH mengatakan...

waduh jadi ngiler liat nya...

ryman mengatakan...

Nice blog. . .
Kunjunggi balik ya. . .
Salam kenal

Punya.Tia mengatakan...

@marthin: samaaa.......hehehe

@ryman: siap...

Heru Supanji mengatakan...

Tia, ijin copas resepnya buat di bilik masakan. Makasih.... maksa nih..... hehehe....

triprast mengatakan...

wah.....ini makanan favorite istri saya....salam kenal.

Stupid monkey mengatakan...

Makanan apa saja kalau dimakan dibandung akan terasa wuenak sob, asal jangan makan, makanan yang udah 12 jam dalam perjalanan menuju bandung, hehehe .."bisa moncor" .(becanda kok)

btw kirim-kirim ya lumpianya ... ;)

Punya.Tia mengatakan...

@Heru:hahhaaa... silahkan ambil resepnya gpp... asal nanti kalo mau bikin, kasih royalti ke saya ( cukup kirim hasilnya aja kok...)

@tripast: makanan favorit saya juga nih...

@stupid monkey: hahhaa.. siaplah...

namarappuccino mengatakan...

Waaaa adakah yang isinya bukan Tauge?

Suka lumpia. Tapi belum pernah ngerasain lumpia basah Bandung.

Stupid monkey mengatakan...

Bungkus .. ;)

Punya.Tia mengatakan...

@namarappucino: justru toge itu khas nya...

@stupid monkey: siap komandan....

TAMAN BACAAN mengatakan...

seumur hidup, belum pernah q makan lumpia...he he.

Punya.Tia mengatakan...

masa sih... makany coba dong... daripada rebungnya lumpia semarang, mending ini...hehe

Kevin mengatakan...

emang enak ko itu lumpia basah.
saya sering beli.

#kebetulan tinggal di Bandung :D

kalambe mengatakan...

waaa... penggemar lumpia juga ya? aku juga :D
jadi jajanan wajib bareng sama awug kalo hari minggu :D

betewe, emang g dipake itu gulamerah ya? aku kiranya aci gitu... kalo yg aku lihat di sekitar kampusku sih.. :D

betewe, salam kenal :)

Punya.Tia mengatakan...

@kalambe: hahaa..iya gula merah pake aci... kan buat biar lengket..
salam kenal juga..

icih BR mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
icih BR mengatakan...

ada tuh yang enak banget, Lumpiah Basah Bandung Neng Icih, tapi di cikarang :D ,ga jauhlah dari bandung & jakarta.. heheheh

Mimihana mengatakan...

jadi kangen kampus di jatinangor.....disana banyak yg jual lumpia ini... :D

salam kenal ya :)

hilman pranayudha mengatakan...

mantappppp..
hehhehee

Hasbian Alif mengatakan...

kalo di bogor ada mas yg jualan,
biasanya di depan SMAN 1 CIBINONG.
harganya cuman gocengan,tapi kalo mau beli harus sabar karna banyak di serbu anak2 cewe wkwkwk

arief oke banget mengatakan...

makasi tulisan nya manfaat :) siang ini aku mau cb buat nih.

abis pulang kerja kemarin, nyobain beli lumpia basah dipinggir jalan, rasanya enak saat disantap selagi masih hangat. langsg kpngn bikin sndri untuk dbagikan ke temen2 yang dtg ke rumah, akhir masak, cicipin rasanya buatan sendiri yang diambil dari resep yang dkasih dblog ini oke punya lo.

nti yang nulis aku bagi deh kalo mau berkunjung ksni.hhe kynya lebih enak buatan sndri ya,haha

Poskan Komentar