Pages

Sejauh mana kita tahu tentang Korea?

Peta Korea



Bendera Korea Selatan




Bendera Korea Utara

Dengan pengaruh KPOP, masyarakat dunia sekarang-sekarang ini sedang tertarik dengan semua yang berbau Korea. Dari musik, drama, fashion hingga budaya dan pariwisatanya, semua dengan cepat menjadi topik hangat di masyarakat. Namun, jika saya bertanya, apakah kalian tahu, apa perbedaan Korea Utara dan Selatan? atau yang selama ini booming itu dari Korea Utara atau Selatan? Apakah kamu sekalian tahu dan dapat menjawabnya secara gamblang?? Hayoo..

Nah, karena semua orang sedang asyik (hot-hotnya) membicarakan tentang Korea, saya ingin membuat tulisan tentang Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara secara garis besar.

Yang pertama adalah geografisnya. Korea Utara dan Selatan itu sama-sama berlokasi di Semenanjung Korea. Namun, luas Korea Selatan lebih kecil dibandingkan dengan Korea Utara. Namun keduanya memiliki bentuk topografi yang hampir sama yaitu daerahnya tidak rata atau banyak perbukitan.

Korea Utara terkenal dengan militernya  


Kim Il Sung & Kim Jong Il, Pemimpin Korea Utara dulu dan saat ini

Yang kedua adalah pemerintahannya. Pemerintahan kedua Negara ini sangat berbeda. Korea Utara adalah negara yang menyatakan secara sepihak sebagai negara Junche (percaya dan bergantung kepada kekuatan sendiri) sehingga Korea Utara merupakan negara yang terkesan menutup diri dari dunia luar sedangkan Korea Selatan adalah negara Republik yang memiliki hubungan diplomatik dengan negara-negara lain. 

Inilah salah satu faktor perbedaan besar di kedua belah negara hingga saat ini. Dan hal tersebut menjadikan kedua negara tersebut antara bumi dan langit. Korea Utara menutup diri dari dunia luar sedangkan Korea Selatan malah menyebarkan informasi tentang budaya dan negaranya ke seluruh dunia.

Dari sistem pemerintahan yang berbeda, Korea Utara dan Selatan memiliki kehidupan yang berbeda. Korea Utara yang berbasis ‘hidup sendiri’ menggunakan militer sebagai ujung tombak negaranya. Segala sesuatu di Korea Utara sangat di’setir’oleh pemerintahan. Media, informasi, pendidikan semua di awasi dengan ketat agar tidak terpengaruh oleh budaya dan sistem luar. 

Lain Korea Utara, lain pula Korea Selatan, saat ini budaya dan pengaruh Korea Selatan sedang menyebar ke seluruh dunia. Korea Selatan membuka diri dan kebudayaannya untuk dunia luar, sehingga kita lihat teknologi, pendidikan, dan perekonomian Korea Selatan sudah sangat maju dan menjadi salah satu pilar dunia.

Korea Selatan terkenal dengan Hallyu seperti Kpop, drama, makanan dll.

Makanan khas Korea



Korea Selatan identik dengan KPOP dan Fashionnya

Mengenai budaya Korea, kedua negara tersebut sebenarnya memiliki budaya yang sama. Namun karena perbedaan sistem pemerintahan maka perkembangan kedua negara tersebut jauh berbeda. Kita lihat saja, masyarakat dunia saat ini berlomba-lomba ingin berwisata ke Korea karena pengaruh Hallyu seperti Kpop, drama, makan dll. Dengan pengaruh Hally, diharapkan masyarakat dapat berkunjung langsung ke Korea, dan hal tersebut yang sangat ditunggu-tunggu Korea Selatan. Pemerintahan mereka memang menargetkan sebanyak-banyaknya wisatawan asing untuk berkunjung ke negara mereka.  

Kedua negara berada di kawasan yang sama (bersebelahan), otomatis tipikal daerah dan cuaca kedua negara juga sama (sama-sama perbukitan yang indah) dan layak dikunjungi.

Nah tinggal sekarang, kamu ingin kemana?? Hehe…Korea Utara atau Selatan?? Dua-duanya memiliki daya tarik pariwisata tersendiri.

Oya…ngomong-ngomong dengan Korea Selatan, saya kemarin melihat salah satu bentuk bagaimana Korea Selatan mempermudah wisatawan asing untuk berkunjung ke negaranya. Dari facebooknya Korea Tourism Organization Indonesia (KTO Indonesia), saya melihat ada lomba tentang pengalaman musim dingin di Korea, nama kontesnya “My Korea Winter Story”. Hadiah utamanya free tiket ke Korea. (langsung saja bisa dibaca di KTO Indonesia). Layak dicoba tuh.. siapa tahu akhir tahun ini kamu bisa ke Korea Selatan gratis..hehehe….

Semoga beruntung….


T.ia
Gambar: gambar-bendera.blogspot.com, skalanews.com, dhitaapoetri.blogspot.com, parkkyuri.wordpress.com, greatblogfromusualgirl.blogspot.com, mycolorisland.wordpress.com

4 komentar:

Rizki Putranto mengatakan...

menurut saya yang paling terlihat adalah pada ideologi jg gan.. selain itu karena adanya 2 blok di PD 2, yaitu blok Barat dan blok Timur...


blogwalking gan dari patriotisme-pemuda-indonesia.blogspot.com follow balik ya, thanks (n_n)

Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

pengen ke Korean, ketemuan ama cewek yg naroh kepala di bahu Rain ituh! hahaha

Punya.Tia mengatakan...

@rizki: oke..oke... thx yaaa...

@arif: hahhaa.... itu mah mau u..hehe

Muhammad Gustavie mengatakan...

Kayaknya lebih maju Korsel deh.. lebih mendunia & lebih asyik gitu :)Itu yang lomba KTO Indonesia hadiahnya beneran ke Korea yak? maulah kalo begitu...

Posting Komentar