Pages

Memaknai Cincin Kawin


sepasang cincin kawin

Baru-baru ini saya membaca sebuah artikel yang membahas mengenai Cincin Perkawinan. Diperlihatkan bagaimana berbagai pendapat orang yang sudah menikah memaknai cincin kawin mereka. Ada yang memaknainya spesial, biasa saja, atau malah tidak mempedulikan keberadaan cincin kawin mereka.

Saya yang membacanya merasa aneh dan tertegun. Kenapa bisa begitu? Sebagai orang yang belum menikah, jujur saya merasa aneh dan bingung, lho kok ada berbagai persepsi yang berbeda untuk hal tersebut. Memang saya belum pernah menikah, dan tentu saja belum pernah merasakan artian dari sebuah cincin kawin yang seutuhnya. Namun dibenak saya, sebuah cincin kawin haruslah sesuatu yang indah. Tidak perlu juga terlalu di spesialkan, tetapi tentulah harus sebisa mungkin dikenakan oleh pasangan.

 bagaimana anda memaknai cincin perkawinan??

Menurut saya, sebuah cincin pernikahan itu merupakan simbol komitmen kita terhadap pasangan kita. Sehingga aneh sekali jika ada orang yang merasa segan untuk memakai cincin kawinnya. Di mata saya, orang tersebut berarti tidak ingin orang lain mengetahui status perkawinan dia. Dan jika demikian, kenapa harus mengikat sebuah janji pernikahan?

Ya memang, cincin kawin merupakan symbol. Hanya simbol. Bagi sebagian orang berpendapat apalah arti sebuah simbol, toh niatan sebuah pernikahan itu dari hati bukan simbolnya. 

Namun saya kembali berpikir. Saya mengkorelasikannya begini: sebuah pernikahan adalah suatu janji besar dan jika cincin kawin yang hanya merupakan simbol kecil saja tidak mampu dimaknai secara serius, bagaimana memaknai hal besar dalam kehidupan pernikahannya. Hmmm….

Oleh karena itu, saya ingin menulis postingan ini. Bagaimana dengan anda yang membaca postingan ini. Apakah anda sama seperti saya, yang merasa aneh melihat fakta di lapangan tentang adanya berbagai persepsi yang berbeda beda mengenai cincin perkawinan? Apa tanggapan anda?

Oya, lain lagi ya jika ada kasus pasangan yang tidak memakai cincin kawinnya karena himpitan ekonomi sehingga terpaksa dijual. Hal di atas khusus pada mereka yang secara sengaja tidak memakai cincin kawin mereka.


T.ia
Gambar: jakartacity.olx.co.id, zumaumasma3denpasar.blogspot.com

12 komentar:

honeylizious mengatakan...

belum menikah jadi belum tahu juga rasanya punya cincin kawin... ehehhehe

eh iya verifikasi komengnya diilangin dong sayang biar komennya gampang masuk...

Kevin mengatakan...

walaaupun belum menikah, tapi menurut saya cincin pernikahan itu spesial.
kalau mau nikah nanti, harus diukir nama saya dan pasangan.
biar unik dan jadi satu2nya di dunia ini :D

Andy mengatakan...

kalau aku menikah ntar,aku mau beliin cincin berbahan metal aja dibanding emas soalnya metal tuh melambangkan abadi :)

Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

Perasaan biasa saja. Di tempatku udah biasa melihat ibu2 gak memakai cincin meski udah kawin. Tiap daerah munkin punya tradisi sendiri-sendiri ya....

Aji Prast mengatakan...

Kalau saya pribadi, biasa saja.. cincin kawin ndak terlalu penting, yang penting ada ..he.he.he..

Punya.Tia mengatakan...

hahaa... banyak yang belum nikah yaa... hmmm.. apapun itu... semoga cincin kawinnya nanti merupakan simbol yang abadi...

luky subiarsono mengatakan...

Kalau menurut saya, Cincin pernikahan adalah simbol kesatuan. Cincin pernikahan berwujud lingkaran yang tak berkesudahan melambangkan cinta abadi, yang tak berawal dan tak berakhir.

Punya.Tia mengatakan...

@luky: aseeeekkkk.... like this luk...

Royan Naimi mengatakan...

Cincin hanya simbol. Lebih penting adalah hati. Tapi kalo co ga pakai cincin kawin pasti dimarahin istrinya, he3.. So, lebih baik pakai sajah..

Susan Lolo Bua mengatakan...

cincin pernikahanku yang kayak Kate deh :) hehehe

Blog Berita mengatakan...

klo sekarang mah bnyknya cincin pacaran... :P
apa maknanya ya? sama gak dengan cincin kawin? lebih cocok cincing Nikah :)

Punya.Tia mengatakan...

hehhe...iya benner

Posting Komentar