Pages

Berkenalan dengan Mocktail

aneka mocktail

Jarang-jarang nih saya menulis tentang kuliner. Namun, entah kenapa malam ini saya ingiiin sekali menulis tentang minuman yang satu ini. Sudah kenal belum apa itu Mocktail?? Itu lho temannya Cocktail. Semua pasti sudah akrab ya dengan istilah Cocktail, tapi Mocktail? Oleh karena itu, saya akan membagikannya untuk kalian yaaa… ternyata eh ternyata, nikmatnya mocktail itu mudah dibuat lho… cocok buat kita-kita yang tidak mau repot dalam membuatnya.

Mocktail adalah aneka minuman ringan (tetapi tidak beralkohol) yang biasa kita minum setelah makan. Bisa bersoda atau tidak, dan rata-rata mengusung rasa yang manis. Hampir semua bahan bisa kita jadikan mocktail, dari yang berat seperti es krim atau dapat juga dengan buah-buahan, atau bahkan dengan sayur-sayuran, semuanya dapat dijadikan bahan dasar pembuatan mocktail asalkan kita tahu bagaimana memadukannya dengan cairan lain seperti sirup atau soda. Warnanya yang menarik juga menjadikan mocktail sebagai favorit dalam minuman penutup suatu jamuan.

 mocktail soda sirup

Yang pertama adalah mocktail soda biasa. Yaitu dengan minuman bersoda dengan campuran sirup biasa. Mocktail jenis ini merupakan mocktail yang sangat mudah dan gampang. Cukup dengan mencampur soda dengan sirup, dan sisipkan irisan buah sebagai pemanis (jika perlu), dan siap dihidangkan. Warnanya dapat kita atur dari campuran sirupnya.


 mocktail buah

Yang kedua, sebagai mocktail yang paling umum, adalah mocktail buah-buahan. Ya, kebanyakan kita mengenal mocktail dengan bahan buah-buahan. Selain kesan segar, warnanya pun dapat bervariasi sesuai selera. Warna yang kita inginkan dapat berasal dari warna asli buah-buahan yang kita buat.


 mocktail es krim

Yang ketiga, kita dapat membuat mocktail dari bahan yang agak berat atau manis, seperti cake atau es krim. Memang, mocktail jenis ini jarang dihidangkan tetapi juga tidak berarti hilang penggemarnya lho. Kesan manis/gula dan kental lah yang menyebabab mocktail jenis ini jarang dihidangkan. Tetapi tidak salah lho sekali-kali kita menghidangkannya, terutama saat acara-acara special di rumah.

Berikut akan saya berikan, resep membuat Mocktail yang sangat sederhana (andalan di rumah saya selama ini)

Es Timun Murah Meriah

Bahan:
·         Timun
·          Air soda (biasa menggunakan Sprite)
·          Sirup rasa Melon
·          es batu

Cara Membuat:
1.       Potong timun memanjang menjadi 2 bagian, kupas lalu buang bijinya. Kemudian serut daging buahnya (dapat menggunakan sendok atau garpu, atau memakai serutan buah).
2.       Campur serutan daging timun tersebut dengan air soda, sirup, dan es batu.
3.       Es Timun siap dihidangkan (jika ingin bervariasi dapat ditambahkan selasih atau nata de Coco)

Atau dapat melihat video berikut ini yang menampilkan cara membuat mocktail sirup biasa. Sangat mudah dan murah lho.. 



Semoga bermanfaat ya.... dan selamat mencoba…

T.ia

Gambar: reviews.in.88db.com , khanapakana.com, everycollegegirl.com, blossyscookbook.blogspot.com, icebergg.multiply.com

13 komentar:

Aji Prast mengatakan...

mantap euy... mau dong mocktail yang soda sirup :D

al kahfi mengatakan...

siang2 begini lihat moctail,, kok jadi pengen beneran nih,,

Punya.Tia mengatakan...

@aji:hehhee.... nanti saya buat yaaa...

Punya.Tia mengatakan...

@al kahfi: buat dong dirumah...

Ian Herza mengatakan...

nice post, blogwalking

Punya.Tia mengatakan...

@ian: sama2... trims udah mampir..

Error Shinobi mengatakan...

seger bener dha lihat minuman diatas ... :)
boleh minta satu nggak ??? :D

Kevin mengatakan...

wah.
sayang anak kost seperti saya sepertinya tidak mungkin membuatnya.
tapi nanti kalau pulang kampung akan mencoba membuat :D

Radith ini bukan Raditya Dika mengatakan...

Beeeeeggghhhh... cuma bisa baca sambil ngiler niCh Mbak.. jakun naek turun, ingus jg naek turun, segerrrr bener daaahhh..

Ntar saya suruh istri saya bikinin mocktail.. hmmm.. oiya, saya lupa saya belom punya istri.. haha..

Nice post :D

Punya.Tia mengatakan...

hahhaaa..... ayo..ayoo.. pada bikinn.... nanti di share mana bikinan kalian..hahhaa

Error Shinobi mengatakan...

yaaa... masa disuruh bikin sich.... saya cuma maunya minta doank ... :D hha

Punya.Tia mengatakan...

@eror: hadoohhh..anak muda jaman sekarang, maunya instan..hahhaaa

Ahmad Wahyudin mengatakan...

desain rumah limasan
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
Rumah limasan murah
cream temulawak

Posting Komentar