Pages

Korea Selatan dan Tradisi Operasi Plastiknya

siapa yang tidak ingin tubuh seperti mereka?

Siapa diantara anda sekalian yang tidak tahu atau belum pernah mendengar atau melihat tentang KPOP entah di televisi atau media lain? Saya berani menyebut anda sebagai orang yang ketinggalan jaman. Kenapa demikian, karena gelombang KPOP dari Korea itu sudah terbukti sedang melanda Indonesia dan dunia. Saya tidak bilang, anda harus suka atau mengikuti trend KPOP, namun pasti anda semua sudah pernah melihat artis korea dalam drama-drama korea di televisi atau boyband/girlband yang sekarang sudah banyak di tiru oleh artis debutan Indonesia.

Saya sendiri merasakannya saat teman, adik, bahkan ibu saya keranjingan drama korea atau pernyanyi korea, saya juga pasti mau tidak mau melihat itu semua dan memang ternyata mereka memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dibandingkan dengan di budaya Indonesia. Yang saya lihat adalah mereka sangat bagus mengemas keseluruhan sehingga penonton dapat langsung kagum melihatnya.

Lalu jika saya bertanya, apa yang anda pikirkan jika saya berkata Korea Selatan? Pasti jelas KPOPnya, fashion, makanannya  atau pariwisatanya yang indah. Tapi tunggu dulu, ada satu lagi yang juga identik dengan Korea Selatan, yaitu Operasi Plastik.

 operasi plastik

Nah, sekarang saya ingin mengulas sisi negative dari pengaruh KPOP tersebut. Sudah pernah dengar operasi plastik yang terasa sudah seperti tradisi di kalangan masyarakat Korea? Ya, KPOP yang identik dengan wajah tampan dan cantik rupawan ternyata memiliki efek samping yang sangat besar bagi para masyarakatnya. Sudah menjadi rahasia umum jika Korea Selatan merupakan Negara yang terkenal dengan praktek operasi plastiknya. Dan uniknya, mereka dengan terang-terangan mempublikasikannya di media umum.

Di Korea Selatan, jangan kaget jika kita sering menemukan klinik-klinik kecantikan di hampir semua tempat. Dan satu lagi, sama seperti pariwisata dan KPOPnya, pemerintah juga mendukung kegiatan operasi pelatik tersebut, dengan mengadakan Medical Tourism dalam salah satu paket tour ke Korea. Memang, tidak melulu operasi plastic, namun operasi plastic menjadi bagian dalam medical tourismnya. Kita tau, operasi plstik sudah lazim dilakukan di Negara-negara maju lainnya, namun saya rasa yang benar-benar dipublikasikan secara terang-terangan itu baru di Korea Selatan. 

 contoh medical tourism

Lantas kenapa hal tersebut bisa terjadi ya? Saya mengamatinya dan ada beberapa faktor:

Pertama: definisi kecantikan bagi masyarakat Korea itu tinggi. Dengan adanya KPOP, pasti definisi cantik atau tampan sudah berubah. Rupawan itu berdefinisi: tinggi, langsing, putih, rambut panjang, hidung mancung, mata besar. Dan itu sebabnya artis korea pun juga terkenal dengan permak tubuhnya. 

Yang kedua adalah faktor kompetisi yang tinggi di Korea. Diakui di masyarakat korea bahwa ketatnya kompetisi di segala bidang merupakan salah satu faktor penyebab kenapa mereka ingin melakukan operasi plastic. Mereka menganggap dapat satu langkah lebih baik jika berpenampilan menarik dan sempurna.

Ketiga adalah memang sudah tradisi. Kebiasaan operasi plastic ini memang sudah lama terjadi dan sudah merupakan bagian dari tradisi atau kebiasaan. Tidak jarang orang tua yang menginginkan anaknya lebih terlihat sempurna dan kemudian membiayai anaknya untuk di operasi plastic.

Ketiga alasan di atas merupakan kebiasaan yang dapat kita katakana jelek atau tidak bagus untuk dicontoh. Bukan apa-apa, operasi plastic hanya karena merasa bagian tubuhnya tidak sempurna itu menandakan kurangnya rasa bersyukur kita. Jangan lupa, Tuhan itu menciptakan kita masing-masing berbeda pasti ada alasannya kan.. dan semua itu patut kita syukuri. Jangan sampai kita meniru kebiasaan yang justru akan merugikan kita. Kita lihat sekarang, hampir semua (rata-rata) artis korea sama wajahnya. Nah, memang cantik atau tampan, tapi apa kita mau muka kita sama semua satu Negara? Hehe…  Coba bayangkan, nanti sewaktu meninggal dunia, Tuhan bingung, kok mukanya mirip semua yaa?? Hehehe…

Nah, oleh karena itu, kita boleh kagum atau meniru sesuatu, tetapi kita juga harus lihat mana yang cocok atau sesuai dengan kita juga.. jangan ditelan mentah-mentah..nanti muntah..hehehe dan bagi kalian yang berencana operasi plastik, jadi tahu kan kemana kita bisa mendapatkan hasil bagus: ya, ke Korea Selatan!

Sekian dulu dari saya ya… semoga bermanfaat tulisan saya.. ini Cuma hasil pengamatan saya saja lho..tidak bermaksud menyudutkan satu pihak.. hehe…

T.ia

Gambar: indozone.tk, asiaenglish.visitkorea.or.kr, penchenk.blogspot.com

19 komentar:

al kahfi mengatakan...

tentu jua dgn biaya yg tdk sedikit,,kalo sy sih cowo bertahan sj dgn tampang yg apa adanya sekarang,,menikmati anugrah yg sdh di berikan,,hehe

yudee mengatakan...

emangnya yg alami dah gak ada..plastikkan gak bsa di daur ulang...hehe

honeylizious mengatakan...

saya sudah cukup bahagia dengan semua yang saya miliki, lagi pula saya takut mendengar operasi plastik :D

Aji Prast mengatakan...

Untung saya ganteng bawaan sejak lahir, jadi nggak perlu operasi plastik ..ha.ha..ha.. :)

Btw, kalo di Korsel mungkin sudah lingkungan dan kebiasaannya seperti itu, yang jadi gak aneh sama operasi plastik, malah.. jangan-jangan dibilang gak gaul kalo nggak operasi plastik ..ck.ck.ck.ck

jimmy63 mengatakan...

kasian yaa mereka gak cinta sama dirinya sendri dan terlalu menganggap kecantikan dan ketampanan sebagai suatu yang sangat penting

cari kerja mengatakan...

ternyata ketampanannya n kecantikanya palsu..............

Punya.Tia mengatakan...

@al kahfi: siipp laahh...

Punya.Tia mengatakan...

@yudee: hahaa..iyaa bener.. ntr klo di Indonesia kena panas, jadi melelh repot..hahhaa

Punya.Tia mengatakan...

@honeylizious: betul mba'e...

Punya.Tia mengatakan...

@aji: wadooooohhh.... iya deh ganteng!hheehee...

Punya.Tia mengatakan...

@jimmy63: iya tuh... kasian mereka.. kondisi lingkungan yg menyebabkan semuanya..

Punya.Tia mengatakan...

@cari: hehee... tapi tetep ganteng n cantik kan...hehe

Ardhito Dharma mengatakan...

jadi, harapan satu-satunya biar aku jadi ganteng kayak artis korea cuma oprasi plastik aja nih?

Feri Yunus Madao mengatakan...

Di korea tingkat bunuh diri katanya juga tinggi loh.. katanya sih gara2 tingkat persaingan/kompetisi yg sangat ketat, sampai banyak yg stres, dan akhirnya bunuh diri.

Punya.Tia mengatakan...

@ardhito: hahaa..ya gak lah... tp kalo mau ya silahkan... hehee share aja yg udah operasi..hehe

Punya.Tia mengatakan...

@feri: iya tuh.. kasian banget ya!! untung di Indonesia ga gitu2 amat!

JIMMY mengatakan...

terlalu mengagungkan kecantikan ala boneka sihh..
mau liat proses operasi plastik disana? Proses Operasi Plastik di Korea Selatan

BTW sis, tolong like cerita aku di event My Korea Winter Story yaa, aku pengen banget nih menang ke Korea, nih linknya cerita jimmy bonang

Punya.Tia mengatakan...

hehee... siap..

eko saputra mengatakan...

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone : 085363402103
PIN : 5C0C4F38

Posting Komentar