Pages

Etika Supporter yang Harus anda Ketahui


Jadilah supporter yang  ber-etika 

Bulan November ini menjadi bulan yang cukup membanggakan Indonesia. Ya, kita tahu Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan akbar Sea Games ke XXVI akan berlangsung dari tanggal 11-22 November 2011. Sebagai tuan rumah, kita boleh berharap lebih dalam ajang olah raga tingkat Asia Tenggara ini. Selain lebih percaya diri bermain di kandang sendiri, terbiasa dengan kondisi lapangan, faktor supporter juga sangat membantu keberhasilan pemain dalam pertandingan.

Berbicara masalah supporter, Indonesia dalam Sea Games XXVI ini boleh merasa bangga, karena dengan berlangsungnya perhelatan akbar di Negara sendiri, pasti jumlah supporter Indonesia bisa dipastikan akan lebih banyak dibandingkan Negara lain. Namun, saya khusus melalui tulisan ini ingin mengingatkan bahwa supporter bisa menjadi poin plus juga bisa menjadi momok dalam pertandingan. Positif karena akan menyemangati pemain kita, tetapi juga akan menjadi momok jika sampai terjadi kericuhan. Lihat saja bagaimana ulah supporter Indonesia saat laga Indonesia vs Malaysia saat piala AFF kemarin. Walaupun sebelumnya kita dicurangi dengan insiden sinar laser, sebagai masyarakat berpendidikan, tidak bijak rasanya jika membalasnya dengan petasan.

Oleh karena itu, saya ingin membagikan beberapa Etika menjadi Supporter yang apik, terutama saat berlangsungnya perhelatan akbar Sea Games XXVI:

Belilah karcis di loket


Jika ingin datang langsung ke arena pertandingan, beli karcis di loket resmi. Hindari pembelian di Calo. Jangan malu-maluin kita sebagai Negara penyelenggara. Mentang-mentang tuan rumah, bukan berarti kita bisa urakan dan memaksa masuk ke stadion untuk melihat pertandingan.


Jangan Merokok di Stadion


Larangan ini terutama bagi stadion indoor yang biasanya sudah memiliki pendingin udara/AC. Tetapi bukan berarti boleh merokok di stadion-stadion outdoor. Sudah layak dan sepantasnya kita tidak merokok di arena olahraga karena tidak masuk akal, arena olahraga malah berisi asap rokok yang beracun bagi kesehatan.


Dilarang Membawa Petasan atau Kembang Api


Petasan dan Kembang api merupakan 2 barang yang sudah dilarang dalam pertandingan olah raga. Kita lihat apa yang terjadi saat piala AFF, saat ada supporter Indonesia yang menghidupkan kembang api di barisan penonton. Bahaya skorsing pun akan di depan mata.


Gunakan Terompet atau Genderang dengan Bijak


Jika kita membawa terompet gas atau alat bunyi-bunyian lainnya. Jangan diarahkan ke orang lain. Cukup ke atas, sehingga tidak mengganggu orang disamping anda. Jika perlu bawalah penutup kuping jika anda rasa, anda berada di tengah-tengah supporter yang membawa terompet atau barang-barang yang berbunyi sangat keras.


Jaga Mulut Anda


Supporter ada di arena pertandingan adalah untuk mensupport para pemain. Kita boleh meneriakkan teriakan penyemangat namun sangat tidak etis jika kita juga meneriakan kata-kata umpatan atau kotor kepada pemain lawan. Bagaimanapun Fair Game is a Must. Jangan terganggu dengan umpatan atau teriakan yang membuat panas telinga.


Jaga Kebersihan Arena Pertandingan


Apalagi kita sebagai tuan rumah, alangkah lebih bagus bila kita bersama-sama dengan sadar membuang sampah pada tempatnya. Terutama Ajang bergengsi se Asia Tenggara ini, yang pasti akan banyak wisatawan atau supporter dari Negara-negara lain. Tidak mau kan kita di cap sebagai masyarakat pemalas dan jorok dengan meninggalkan sampah dimana-mana.


Saya yakin dan percaya jika semua supporter paham dan melaksanakan beberapa poin di atas, pertandingan-pertandingan Sea Games ke XXVI akan berjalan dengan baik dan lancar. Perilaku supporter yang baik serta kondisi lapangan yang cukup mumpuni, pertandingan kelas dunia pun akan kita rasakan.

Ayo maju terus INDONESIA… INDONESIA BISA!!!

T.ia

Gambar: mabuhay.be, nevialustig.blogspot.com, bola.net, bola.vivanews.com, 
nedy-nedy.blogspot.com, faktapos.com, amathonthe.multiply.com

13 komentar:

Ungu Violet mengatakan...

semoga sukses semuanya..:)

Punya.Tia mengatakan...

aminnn.... ikut ke stadion ga mba?? hehe

rendy pratama mengatakan...

sippp jangan malu-maluin negara yang pasti.....kan kita calon peraih medali emas hahaha ( ngarep.com)

Danny Sihombing mengatakan...

dan ternyata kemarin saya ke stadion GBK nonton INA vs THAI, semuanya nggak berlaku sama sekali!!!

Kevin mengatakan...

kurang suka sepak bola.
tapi setuju sama anda.
jadilah suporter yang baik dan santun.

adeline mengatakan...

saya juga stujuuuu!!!

Punya.Tia mengatakan...

@rendy: iya..iyaa... smoga deh..hehe

Punya.Tia mengatakan...

@danny: masak si mas?? ckckkkk....

Punya.Tia mengatakan...

@kevin: betulll....hehe jangan malu2in..hehe

Punya.Tia mengatakan...

@adeline: trims udah mampir..hehe

Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

Pengen ngrasain gimana seunya liat di GBK. pasti seru kali ya.... hehehe

I2-Harmony mengatakan...

Saya jauh dari GBK. Jadi suporter di depan tv aja deh. :)

Ahmad Wahyudin mengatakan...

joglo
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
rumah limasan
cream hn

Posting Komentar