Pages

Cara Mengatasi Rambut Bermasalah


 
Masalah Rambut itu tidak hanya wanita, pria pun sering mengalaminya

Rambut merupakan mahkota seseorang. Tidak hanya wanita, para pria pun menjadikan rambut sebagai salah satu hal yang penting bagi penunjang penampilannya.  Baik pria dan wanita pasti mendambakan mempunyai rambut yang sehat. Apalagi wanita, impian memiliki rambut panjang, hitam,  apalagi berkilau. 

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan rambut yang indah, sehat, dan terawat. Namun seringkali kita terbentur dengan permasalahan tipe rambut  yang berbeda- beda satu dengan yang lainnya. Nah kali ini saya akan menulis tentang kenapa ada rambut kering dan kusut serta ada juga yang berminyak dan lepek. 2 jenis rambut ini adalah tipe rambut yang sangat sering dipermasalahkan oleh kita-kita, ya kan..
Berikut Penjelasannya:

Rambut Kering dan Kusut


Penyebab dari tipe rambut kering dan kusut adalah:

1.       Terlalu banyak menggunakan produk berbahan kimia, seperti cat rambut, hairspray, dan lainnya tanpa didukung dengan melakukan perawatan sesudahnya.
2.       Sering keramas atau menggunakan shampo yang salah sehingga dapat menyebabkan kerusakan sehingga mengguras minyak alami pada rambut.

Nah, jika kita memiliki tipe rambut seperti itu jangan khawatir ada solusinya:
1. Rutin memberikan conditioner setelah keramas  untuk menyehatkan dan melembabkan rambut.
2. Keringkan rambut dengan handuk, jika dengan menggunakan hairdyer oleskan gel rambut atau smooting cream terlebih dulu untuk menjaga agar kutikula rambut tetap sehat.
3. Sebaiknya menggunakan sisir bergigi jarang pada saat menyisir dan lakukan secara perlahan biar tidak kusut pada rambut.
 1.
Pakar tata rambut Alfons mengatakan: Rambut kering mudah menyerap kelembaban dari udara mengakibatkan rambut membesar dan menjadi liar, selain itu batang rambut mudah rusak dan helaiannya menjadi kusut.


Rambut Berminyak dan Lepek


Penyebab Rambut berminyak dan lepek:

Gangguan pada kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum berlebihan ( minyak alami yang melumasi kulit kepala dan melindungi terhadap polusi). Akibatnya sebum menumpuk membuat rambut mengilap, berat dan terasa lengket. Gangguan tersebut bisa dari: Faktor genetis, Stres dan rasa cemas berlebihan, Diet yang tidak seimbang, atau salah pemakaian produk rambut yang mengandung banyak minyak sehingga rambut menjadi lepek.

Solusinya:
 
1. Sebaiknya cuci rambut dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Air hangat berguna untuk membuka pori dan menghilangkan kotoran di rambut, sedangkan kegunaan air dingin untuk menutup pori tertutup kembali.
2.  Jangan memakai conditioner pada kulit kepala.
3. Gunakan bedak khusus rambut, untuk membuat helaian rambut yang berminyak menjadi lebih normal.
·  

Demikian penjelasan untuk mengatasi rambut-rambut yang bermasalah. Semoga bermanfaat ya.. selamat mencoba….

T.ia
Gambar: hanyauntukanda123.blogspot.com, sonampambozo.blogspot.com

4 komentar:

Andy mengatakan...

kalau tipe rambut aku,rambut yang mudah rontok sekarang2 ini mungkin kurang nutrisi ya ?
tapi aku biasa merawat vitamin rambut dengan cara pakai lidah buaya aja mba,mudah & hemat,hehe

Punya.Tia mengatakan...

hahaa... boleh tuh mas...

tuti mengatakan...

bgmn perawatan untuk rambutku yg berminyak dan mudah rontokk

Punya.Tia mengatakan...

ya nanti akan saya coba bikin tulisan ya...

Posting Komentar