Pages

Amerika Serikat diambang Kebangkrutan(?)

lilitan hutang yang semakin banyak


Saya merasa tertarik dengan pemberitaan yang sering menyebutkan tentang Amerika yang sedang koleps. Apakah benar? Saya akan mencoba mengulasnya.

Kata siapa Negara Adidaya tidak bisa koleps? Bisa dibuktikan dari fakta yang ada sekarang ini, saat perekonomian dunia sedang bergejolak, Amerika dan Negara-negara besar Eropa sedang mengalami masa-masa sulit akibat krisis dunia. Malahan disebut-sebut Jumlah Hutang Amerika merupakan yang terburuk sepanjang sejarah.

Disebutkan hutang Amerika sekarang ini sudah menembus kisaran $ 14,3 Triliun per mei dan diperkirakan akan menembus $15 Triliun pada akhir tahun 2011 ini. (www.usgovernmentspending.com). Dengan fakta jumlah hutang yang tertinggi sepanjang sejarah Amerika, tidak sedikit dari pengamat ekonomi yang memperkirakan Amerika akan gagal bayar hutang-hutangnya yang sudah jatuh tempo di tahun ini, terlebih melihat Produk Domestik Bruto (PDB) 2011 Amerika yang berkisar di $15 Triliun. Dengan jumlah yang sama dengan hutang Negara, Amerika diprediksi akan koleps jika masih menggunakan system pengeluaran yang seperti sekarang. 

Seperti kita ketahui, pengeluaran terbesar Amerika dimulai sejak invasi amerika ke Negara-negara Timur Tengah yang notabene dibiayai oleh dana pinjaman untuk menghasilkan alat-alat perangnya. Belanja Negara yang sangat tinggi untuk pertahanan, jaminan social dan jaminan kesehatan merupakan penyebab utama meroketnya Hutang Amerika. Belum lagi suku bunga yang tinggi yang diterapkan pemerintah, sehingga bunga obligasi pun meningkat. 

Kolepsnya ekonomi Amerika yang sudah di depan mata dapat saya gambarkan dengan singkat melalui fakta berikut: Amerika memiliki jatah hutang sebesar $14,3 Triliun untuk tahun 2011, dan sudah habis dipakai per 16 Mei 2011 kemarin. Dan untuk hidup hingga akhir tahun ini (gaji pegawai, jaminan social), Amerika harus memakai dana apa lagi?? Satu-satunya cara yaitu menaikan batas utang Amerika dan agustus kemarin berhasil dicapai kesepakatan di Kongres untuk menaikan utang Negara dengan angka maksimal $16,5 Triliun. Dengan utang yang lebih besar dari PDBnya, sampai kapan Amerika bisa bertahan???


Sumber Gambar: batam.tribunnews.com
T.ia

1 komentar:

Staff Ngeditblog mengatakan...

Kebangkrutan adalah bencana bagi pengusaha, tapi bukanlah akhir bagi seorang pengusaha. Temukan cara bangkit dari kebangkrutan di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia

Posting Komentar