Pages

Mengenal Buchaechum (Tari Kipas Korea)

Tari tradisional yang Indah

Sejak demam Korea melanda Indonesia, semua hal berbau Korea pun ikut diikuti. Kita bisa melihat dari menjamurnya produk-produk fashion Korea yang laris manis di Indonesia, belum lagi meningkatnya jumlah kursus-kursus bahasa korea yang pesertanya juga bak kacang goreng. Budaya-budaya korea pun banyak menjadi fokus perhatian orang. Saya sebagai salah satu penggemar Korea (namun tidak terlalu freak) menilai, Korea Selatan sangat bagus mempromosikan budaya mereka ke dunia, khususnya lewat entertainment. Lewat K-Pop, fashion dan film-film, Korea Selatan dengan pintar mengemas juga budaya-budaya mereka, sehingga masyarakat dunia pun ‘sadar’ dengan kebudayaan mereka. Satu langkah yang patut dicontoh Indonesia.

Salah satu bukti bahwa kebudayaan Korea sudah mulai di’sadari’ oleh masyarakat dunia  adalah dengan dikenalnya salah satu tarian tradisional masyarakat Korea. Mereka suka menyebut ‘Tari Kipas Korea’ atau bahasa Koreanya Buchaechum.

Buchaechum merupakan tarian tradisional Korea dimana sekelompok wanita menari menggunakan kipas yang berhiaskan bunga Peony dan menggunakan Hanbok (tarian tradisional Korea) yang berwarna mencolok. (Wikipedia.com)

Di Indonesia sendiri, Buchaechum sering ditampilkan saat acara-acara yang berbau Korea dan kebudayaannya. Contohnya saja, saat saya sengaja pergi ke salah satu event, yaitu Korea-Indonesia Week yang diadakan oleh Pusat Kebudayaan Korea di salah satu Mall di Jakarta baru-baru ini, tarian tersebut ditampilkan.


Berikut saya berikan videonya:

video


Kesan pertama yang saya rasakan adalah indah. Sama seperti saat saya melihat tarian jawa atau bali. Nuansa ketradisionalannya kental terasa. Semoga Indonesia juga dapat meniru langkah Korea Selatan yang dengan sigap menyisipkan kebudayaannya di setiap acara-acaranya ya…  1 lagi, ketradisionalan itu indah lho saudara-saudara… jadi jangan mau kalah sama Korea, budaya kita juga tidak kalah Indah…

*jadi pengen belajar tarian daerah deehh…hehe



T.ia

2 komentar:

ASAZ mengatakan...

hebat ya korea kita harus belajar banyak dari negeri itu kunjungi balik ya

Punya.Tia mengatakan...

siiiipppp....

Poskan Komentar