Pages

Memakai Pakaian Tradisional itu INDAH


 memakai Hanbok

Begitulah perasaan saya saat berkesempatan memakai Hanbok. Hanbok adalah pakaian tradisional masyarakat Korea dan kemarin, 29 September 2011, untuk pertama kali saya memakai baju tradisional tersebut.

Seperti kita ketahui, sejak Demam Korea melanda dunia, Indonesia pun tidak luput dan saya pun juga terkena imbasnya. Walaupun tidak termasuk dalam ‘korea freak’, saya tetap menyukai atau bisa dibilang tertarik dengan kebudayaannya. Bagaimana makanannya, rumahnya dan pakaian tradisionalnya. Saya sendiri belum pernah ke Korea, jadi belum pernah merasakan ‘the real’ atmosfer Korea, namun dengan mencicipi makanan dan memakai pakaian tradisional Korea sudah cukup mengesankan bagi saya.

Saya sendiri memiliki sensasi tersendiri saat memakai Hanbok. Berbeda dengan makanan tradisional Korea yang banyak kita temui di restoran-restoran Korea, Pakaian Tradisional Korea cukup jarang ditemui di Indonesia. Maka, saya memutuskan untuk mendatangi Korea Festival yang diadakan di salah satu Mall di Jakarta, baru-baru ini.

Namanya Korea-Indonesia Week. Festival Korea ini diselenggarakan oleh Pusat kebudayaan Korea bekerjasama dengan Kedutaan Besar Korea.  Biasanya kesempatan mengenal lebih jauh kebudayaan suatu Negara dapat diambil dari event-event festival seperti itu, sehingga saya memutuskan pergi ke festival tersebut. Dan benar saja, di pojok ‘main venue’ ada kesempatan gratis memakai Hanbok dan foto langsung. Langsung saja saya kesana dan mencobanya.

 Deretan Hanbok yang dapat dicoba- gratis

Sebagai Informasi, Korea-Indonesia Week yang kemarin saya datangi itu berlangsung hingga Senin, 3 Oktober 2011, ada K-Pop Contest, Korean Food Festival, Korean Film Festival dan Korean Traditional Painting. Jadi jika anda sekalian mau merasakan sensasi bagaimana memakain Hanbok atau mencicipi makanan Korea, dapat datang ke Mall Gandaria City. 


antusiasme masyarakat Indonesia saat mencoba Hanbok

Satu yang penting, kita boleh keranjingan budaya Negara lain, namun jangan salah, budaya kita juga tidak kalah dengan budaya asing koq.. ayo, Kementrian Budaya dan Pariwisata Indonesia, perbanyak Festival-festival ketradisionalan Indonesia. Jujur, saya orang Indonesia asli, tetapi kesempatan memakai pakaian tradisional berbagai suku di Indonesia bisa dihitung dengan jari. 


Masa kita kalah dengan Negara lain… hehe.. ^^.
*dapat dijadikan bahan perenungan nih..

Btw, terimakasih kepada Pusat Kebudayaan Korea dan Kedutaan Besar Korea... hehhe


T.ia

2 komentar:

tipshare mengatakan...

Betul juga neng, pakaian daerah Indonesia juga harus di lestarikan.

kunjungan balik neng, tanks kunjunganya sekalian follow, follow back ya.

Punya.Tia mengatakan...

hehhe..trims

Posting Komentar