Pages

Lihat saja Ekspresi Mereka yang Ngantuk

 mengantuk, salah satu cobaan di siang hari

Saya membuat tulisan ini berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri hampir setiap hari, entah itu waktu di kampus ataupun saat di kantor. Yaitu seringnya dilanda rasa kantuk. Baik siang maupun sore hari. Lalu, bagaimana cara praktis dan ekonomis ya untuk mengatasinya? Saya yakin pertanyaan ini sudah sangat sering didengar dan saya juga yakin masing-masing orang memiliki berbagai cara alternative dalam mengatasinya. Namun, saya mencoba untuk membagi tips yang saya percaya ampuh dapat mengatasi rasa ngantuk.

1.       Jika anda harus berkutat dengan layar komputer atau laptop, perbesarlah font tulisan anda atau perbesar tampilan layar anda dengan Zoom. Melihat teks/gambar yang kecil akan membuat mata anda menjadi cepat lelah, sehingga akan timbul rasa lelah di mata dan akhirnya rasa kantuk pun menyerang.

2.       Jika anda berada di ruangan yang memiliki jendela yang dapat melihat suasana luar, alangkah lebih baik jika anda merelaksasikan mata anda dengan sekali-kali melihat jauh ke luar jendela. Mengubah pandangan mata yang terus menerus ke satu sisi akan membuat mata anda jenuh. Dengan melihat objek lain yang berbeda akan membuat mata anda sedikit segar.

Namun, jika tidak memiliki jendela untuk akses ke luar, cukup melayangkan pandangan anda ke sekitar anda, misalnya dengan melihat keadaaan ruangan anda hingga sudut-sudut. (cukup melihat bukan mengamati secara rinci, nanti dikira aneh oleh teman seruangan anda..hehehe)

3.       Mengobrollah dengan teman anda. Tidak usah lama-lama, 5 menit pun sudah cukup. Hanya sekedar basa-basi atau membahas isu yang hangat di masyarakat.

4.       Tarik napas dalam-dalam dan minum air putih. Mengantuk adalah tanda bahwa otak kekurangan oksigen. Dengan sering bernapas dan minum air dapat menambah asupan oksigen ke otak sehingga badan merasa lebih segar.
5.       Cara kelima ini merupakan cara yang menurut saya paling ampuh. Yaitu dengan melihat atau memperhatikan teman yang juga sedang mengantuk. Bagaimana ekspresi mereka yang sedang mengatuk yang rata-rata memiliki mimik muka lucu. Dengan melihat ekspresi yang lucu teman yang sedang mengatuk, saya yakin anda akan geli sendiri dan akan fresh kembali dalam hitungan menit.


Demikian 5 cara mengatasi rasa kantuk dari saya, selamat mencoba…


Sumber Gambar: unik.supericsun.com

T.ia


4 komentar:

Rizal Bagus Kurniawan mengatakan...

bisa dicoba nih... makasih tipsnya... :)

Punya.Tia mengatakan...

hehheee..... makasihh...

tips yang terakhir JITU lho...

Unknown mengatakan...

heheheeh...boleh dicoba nehhh

Unknown mengatakan...

o ya blognya bagus, saya pasang linknya di blog saya boleh yaaa

Posting Komentar