Pages

Tips Ampuh Memilih Durian

memilih durian

Siapa yang tidak kenal yang namanya Durian: buah yang memiliki bentuk aneh dan berbau tajam.  Ya, sebagai orang Indonesia, buah Durian merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia, walaupun tidak sedikit orang yang menghindarinya karena baunya yang sangat menyengat. 

Sebagai salah satu penggila Durian, saya ingin membagi beberapa tips memilih durian karena banyak diantara kita yang masih sering kesulitan dalam memilih Durian. Berikut tips-tipsnya:

1.       Cara yang pertama adalah melihat dari warna tampilannya. Durian yang matang atau tua warna kulitnya kuning kecoklatan. Namun harus hati-hati, karena warna kuning kecoklatan juga belum tentu matang, bisa jadi karena karbitan. 

2.       Cara yang kedua, masih berdasarkan tampilan kulitnya, yaitu dilihat dari bentuk durinya. Durian yang tua, duri buahnya jarang atau jarak antar durinya tidak terlalu dekat. Cara ini terbukti ampuh membedakan mana Durian tua di pohon atau karbitan.

3.       Cara yang ketiga adalah dengan cara mengetuk-ngetuk buahnya. Durian yang matang atau tua, jika diketuk akan berbunyi ringan, seperti ada rongga di dalamnya.

4.       Cara lainnya adalah dengan baunya. Semakin matang Durian, semakin tajam aromanya. Namun memilih Durian berdasarkan aromanya sekarang ini juga harus tetap teliti, karena tidak sedikit pedagang nakal yang menyemprotkan aroma Durian ke buah-buahnya sehingga aromanya terkesan menyengat.

5.       Cara terakhir adalah pada saat membuka buah Durian. Percaya atau tidak Durian yang matang atau tua lebih mudah dibuka hanya dengan tangan, dari ujung tangkai hingga bagian bawah.

Demikian 5 cara ampuh memilih Durian. Semoga bermanfaat yaaa…


Sumber Gambar: /kampoengmanik.multiply.com/


T.ia

4 komentar:

eMingko mengatakan...

jdi pgn sma durian :( syg blum musimnya...
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

Punya.Tia mengatakan...

hehheee... thx udh mampir...

ASAZ mengatakan...

ada duren ada pula durian mending mana ayoa? di tunggu untuk ikut kontes disini

Punya.Tia mengatakan...

asaz: duren lah...hahaaaaa

Posting Komentar