Pages

Ternyata Memang seharusnya tanggal 30 Agustus 2011 kita Lebarannya.

 fase perubahan bulan

Masih kuat terpatri di ingatan kita bagaimana kita disibukkan dengan keputusan pemerintah mengenai jatuhnya 1 Syawal pada lebaran kemarin. Ya, masyarakat Indonesia sedikit dihebohkan dengan keputusan pemerintah yang memutuskan 1 syawal 1432 Hijriah pada tanggal 31 Agustus atau mundur 1 hari dari yang ditetapkan semula. Seperti yang kita ketahui, kalender kita sudah ditandai merah ( libur lebaran) pada tanggal 30-31 Agustus 2011, tetapi kemudian pemerintah mengeluarkan pengumumuman melalui Departmen Agama yang menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah itu dimulai pada tanggal 31 Agustus 2011.

Tulisan ini saya buat bukan untuk menimbulkan perdebatan, tetapi hanya ingin menyampaikan fakta yang ada saja, terutama jika melalui perhitungan fase kemunculan bulan.

Uraian penjelasannya sebagai berikut:

Tanggal 12 September 2011 kemarin merupakan Bulan Purnama Dan perhitungan kapan bulan baru dapat dihitung dengan perhitungan mundur selama 15 hari. Berdasarkan teori fase bulan, periode bulan baru hingga bulan penuh itu berlangsung selama 15 hari dan jika dihitung selasa kemarin bulan purnama, maka 15 hari kebelakang adalah tanggal 29 Agustus 2011. Berdasarkan fakta yang ada, semestinya, Lebaran tetap jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011 (seperti kalender awal). 

Kita tahu kalender hijriah tidak seperti kalender masehi yang memulai harinya pada pagi hari, tetapi pada malam hari. Dan jika 29 Agustus malam sudah terhitung bulan baru ( 1 Syawal ), maka Lebaran pun seharusnya pada pagi harinya, yaitu tanggal 30 Agustus 2011. Masyarakat dapat melakukan sholat Id pada tanggal 30 Agustus nya.

Sekali lagi dengan fakta yang ada, tulisan ini tidak dibuat untuk mempersalahkan perhitungan pemerintah, tetapi hanya ingin menyajikan jawaban atas perdebatan yang selama ini ada, khususnya mengenai tanggal jatuhnya 1 Syawal. Dengan fakta Bulan Purnama yang ada, tanggal pasti jatuhnya bulan baru (1 Syawal) pun menjadi jelas.


Semoga tulisan ini menjadi referensi pengetahuan anda yaa….


T.ia

5 komentar:

ivan sujatmoko mengatakan...

saya setuju dengan pendapat anda mas... kita lihat saja di negara-negara arab, malaysia, brunei dll idul fitri jg tgl 30...

Punya.Tia mengatakan...

hehhe....

ASAZ mengatakan...

kalau saya tidak setuju karena beda geografi ya beda pula penanggalan komariahnya

Aji Prast mengatakan...

Kalau saya ikut kalender saja.. mana yang warnanya merah duluan.

Punya.Tia mengatakan...

apapun itu, yg penting lebarannya kan udh.. hehhe...
saya buat tulisan ini bukan untuk bilang mana yg benar n yang salah... saya cuma memberi informasi saja koq...

follow blog saya ya mas-mas...

maklum msh newbie nih saya...

Posting Komentar