Pages

Cara Menghemat Baterai Smartphone


Berhemat akan jauh lebih baik

Dengan tehnologi tinggi, kehidupan manusia saat ini rupanya semakin tidak bisa terlepas dari pemakaian smartphone yang dinilai sangat membantu cara kerja manusia. Namun ternyata,  banyak keluhan dari pemakai atas ‘ringkih’nya baterai produk smartphone, entah itu Blackberry ataupun produk Iphone. Tidak tahan lama atau boros baterai merupakan kelemahan produk tehnologi tersebut, apalagi jika digunakan untuk online atau bermain game. Dengan pemakaian optimal baterai Iphone paling lama bertahan 1-2 jam saja. 

Bagi mereka yang sudah memilikinya, pasti sudah hafal dengan rutinitas pengchargeran smartphonenya yang dirasa sangat boros daya. Dan bagi mereka yang baru ingin membeli smartphone pasti akan sedikit berpikir jika harus sebentar-sebentar mengcharge item bertehnologi tinggi tersebut.

Memang,  awet tidaknya baterai tergantung  penggunaan. Semakin banyak penggunaan, maka akan semakin cepat baterai habis. Jika ingin awet langkah yang paling tepat ya jangan digunakan. Namun, jangan kuatir, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat daya baterai smartphone anda, tidak terlalu signifikan memang, namun dapat menjadi perhatian kita dalam menghemat daya sang baterai, antara lain

Atur Brightness ponsel anda, Matikan Vibration dan kunci layar
Ini merupakan langkah awal, yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan layar hingga posisi minimum akan meminimalkan daya kerja baterai. Selain itu, atur auto lock sehingga tidak sebentar-sebentar menyala yang dapat menyebabkan pemborosan baterai. Selain itu percaya atau tidak, fitur getaran memakan lebih banyak daya ketimbang ringtone.

Kontrol penggunaan Wi-Fi & Bluetooth
Alasan kita membeli produk smartphone salah satunya adalah untuk mempermudah berselancar di internet, namun pemakaian pintar juga harus diterapkan. Atur mode sleep saja jika tidak digunakan. Gunakan wi-fi dan bluetooth hanya saat diperlukan. Ingat, ponsel anda akan terus memakai daya baterai saat pencarian sambungan wi-fi atau blutooth.

Kontrol juga Sinyal dan Push Email
Pengaturan sinyal juga dapat mempengaruhi daya baterai. Jika anda berada di daerah minim sinyal, jangan hidupkan 3G. Cukup dengan EDGE, walaupun koneksi akan melambat tetapi tidak berpengaruh pada panggilan telepon. Selain itu, layanan Push Mail yang menjadi andalan smartphone juga merupakan alasan terbesar baterai anda cepat habis. Sebaiknya lebarkan jarak interval waktu pengecekan email atau kalau perlu matikan. Cek manual saja jika memungkinkan. Tolong diingat, proses pencarian sinyal 3G dan layanan push email untuk mengupdate email sangat menguras daya baterai.

Nonaktifkan Animasi atau fitur game lainnya
Salah satu pemakan energi baterai adalah flash animasi dalam video online atau iklan/game. Jika tidak perlu nonaktifan fitur flash smartphone anda. Atau jika perlu, download aplikasi penghemat baterai. Di BB ada NB BattStatt, Iphone ada Battery Go atau Android ada Juice Defender.

Jangan hidup-matikan Smartphone anda
Banyak yang menyangka dengan mematikan smartphone, anda akan semakin menghemat baterai. Tetapi tunggu dulu, saat anda menghidupkannya dan proses load/booting sebelum masuk ke OS, akan memakan energy baterai yang sangat besar. Cukup gunakan Fligh Mode saja jika anda rasa tidak membutuhkan kinerja smartphone.

Semoga cara-cara menghemat Baterai Smartphone diatas dapat menjadi referensi anda sekalian para pengguna smartphone dan bagi yang belum memilki dan baru ingin memiliki dapat menjadi acuan dasar penggunaannya. 


Selamat Mencoba….

Sumber Gambar: ricano11.com

T.ia

11 komentar:

Rahmat Rusdianto mengatakan...

wah, informasinya bermanfaat banget, makasih banyak ya mbak...

salam kenal, kunjung balik ya ke blog saya di
blog saya di CONNECTING TO THE WORLD

Dewa Made Ari S mengatakan...

Infonya bagus. mudah-mudahan bisa punya juga smartphoe xixixixi..... thanks udh visit my blog

Punya.Tia mengatakan...

oke mas... sami2..hehee

Royan Naimi mengatakan...

hai salam kenal, makasih atas kunjungannya. Kunjungan balik nih. Maen ke blog ku yg lain ya, http://berkecukupan.blogspot.com/.
Follow balik ya, aku dah follow blogmu

Punya.Tia mengatakan...

hahaa... siap mas.... makasih kunjungannya yaaa...

ASAZ mengatakan...

ok nanti kalau aku sudah punya smartpon...ya hehhe....terima kasif atas share nya

akhnurhadi mengatakan...

betul-betul-betul

Punya.Tia mengatakan...

hehheee....

pinang babaris mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pinang babaris mengatakan...

bagus sekali tips nya.....
Pinang Babaris

Punya.Tia mengatakan...

terimakasih sudah mampir....

Posting Komentar