Pages

Memperkenalkan Bank Pohon ke Masyarakat



 Bibit Pohon Gratis - Bank Pohon

Pernahkah anda bingung mencari bibit tanaman atau pohon untuk ditanam di pekarangan rumah anda? Atau merasa kesulitan saat mencari bibit tanaman besar saat ada kegiatan penghijauan lingkungan RT/RW atau dari sekolah/kampus?? 

Saya sendiri ingat pernah merasakan kesulitan saat kecil dulu sewaktu disuruh sekolah untuk membawa tanaman berbatang keras untuk kegiatan penghijauan lingkungan sekolah. 

Sekarang ini, anda tidak perlu susah-susah lagi membeli ke penjual tanaman untuk membeli bibit pohon untuk penghijauan, karena sekarang pemerintah sudah membuat Bank Pohon di setiap pemerintah daerahnya.

Tunggu dulu, semua sudah tahu belum, apa itu Bank Pohon??

Bank Pohon adalah gerakan atau program penghijauan dari pemerintah dengan masyarakat sebagai basis penggeraknya. Tujuannya adalah mengkampanyekan perlindungan dan pelestarian lingkungan, yaitu dengan cara menanam pepohonan dengan bibit yang gratis karena sudah di fasilitasi oleh pemerintah. Gampangnya, kita masyarakat hanya tinggal mengambil bibit pohon di Bank Pohon dan kemudian menanamnya (bukan untuk dijual, tetapi khusus untuk tujuan penghijauan). Bank Pohon siap menyediakan bibit bagi siapa pun untuk kegiatan penghijauan.

Untuk jenis-jenis pohonnya, Bank Pohon umumnya menyediakan bibit pohon berbatang keras, seperti mahoni, cendana, nangka, mangga, angsana dan nimbi atau tergantung kebijakan setiap kabupaten.

Tetapi, tampaknya Bank Pohon ini kurang disosialisasikan ya? Buktinya saya baru tahu beberapa hari kemarin, dan bagaimana dengan anda sekalian?? sudahkah anda tahu tentang keberadaan Bank Pohon ini di daerah anda? Karena, pemerintah pusat sudah menginstruksikan ke semua pemerintah daerahnya untuk membuat Bank Pohon. 

Sebagai informasi, untuk di Jawa Barat, Bank Pohon hanya ada dua yaitu di Kabupaten Cirebon dan Soreang, Kabupaten Bandung, sehingga bagi masyarakat ingin mengambil bibit pohon dapat menghubungi pemkot terkait. Sepengetahuan saya, Bank Pohon ini masih sepi peminat lho… Miris yaaa… Kita tinggal mengambilnya saja, tidak ada yang mau..bagaimana jika harus membayar…?? Kurangnya sosialisasi adalah penyebabnya saya rasa.

Di Jakarta sendiri, saya kesulitan mencari informasi karena sedikit sekali informasinya, sehingga melalui tulisan ini, saya ingin berbagi dan meminta partisipasi anda sekalian yang tahu dimana Bank Pohon di kawasan Jakarta, sehingga bisa di share kan disini. Kalau sudah disediakan gratis oleh pemerintah, kita masyarakat pasti tidak segan untuk menanam ya kan??? Mari kita hijaukan lingkungan kita…



T.ia
Gambar:  sundapanulisan.blogspot.com

9 komentar:

Alkindi Siregar mengatakan...

Informasi menarik Tia. Aku adalah pecinta lingkungan terutama tumbuhan/pohon, semoga semakin banyak masyarakat yang tergerak hatinya untuk menanam pohon mengingat pemanasan global yang makin parah, kayak pas kemarau sekarang ini panasnya luar biasa nggak seperti tahun2 sebelum tahun 2004.

Salam

http://www.djadoelpost.com

Punya.Tia mengatakan...

sama-sama...

eMingko mengatakan...

wah.... di daerah saya belum ada ya, pdhal kegiatan spti ini bgs bgt..
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

Ardhito Dharma mengatakan...

yaelah, lagi blogwalking di vivanews.com eh taunya nyasar ke blog ini lagi. udah ke berapa kalinya nih? hehe :D

anyway, saya juga baru tau ada yg namanya bank pohon. hebat :D

Punya.Tia mengatakan...

@emingko: sipppp...

Punya.Tia mengatakan...

@ardhito: ahahhaaaaa..... makasih ya udah nyasar..hehheee.....

rendy pratama mengatakan...

bang pohon penting banget tuh buat melestarikan lingkungan,,, terutama membudidayakan pepohonan.... keren tia

Punya.Tia mengatakan...

@rendi: di jakarta tapi dmn yaaa???

ada yg tau??

sam raspeero mengatakan...

saya py bank pohon modern. tinggal 1x setor utk masa tanam tiap 5th s/d 25th.memang tdk gratis,tp kt tdk perlu repot lg mengelolanya sampai panen dan tanam kembali.sy py managemen khusus utk mengelolanya.dan sy py market tetap.(cth:setor 3,8 jt hasilnya utk 25th mendatang adl 2,2 milyar.bersertifikat,ada ijin MUI,BKPM dan ISO.legalitas lgkp notaris.didukung oleh takaful syariah dan Worl Bank. HUB : 085325025333 / 087834568444

Posting Komentar