Pages

Produk Gagal keluaran Apple



Masyarakat dunia saat ini sedang berduka dengan wafatnya salah satu inovator dunia, Steve Jobs, pendiri brand terkemuka Apple. Seperti kita ketahui produk Apple dikenal sebagai rajanya teknologi dunia. Pada tanggal 5 Oktober 2011, setelah bertahun-tahun berperang melawan penyakit Kanker Pankreas, pendiri merek kenamaan dunia tersebut akhirnya menyerah juga. 

Dalam perjalanannya menjadikan Apple sebagai perusahaan IT yang mendunia, diakui mendiang Steve tidaklah mudah. Untuk mendapatkan produk-produk unggulannya seperti sekarang ini, banyak sekali rintangan dan kegagalan produk. Berikut adalah beberapa contoh produk gagal keluaran Apple:

1.       Apple III (1981)

Generasi penerus Apple II ini sangat popular. Fokusnya kepada kalangan bisnis dan harganya pun disesuaikan. Namun sayangnya, hardwarenya tidak handal. Apple III ini kemudian kalah bersaing dengan IBM PC yang diluncurkan di tahun yang sama.

2.       Lisa (1983)

Komputer komersil pertama yang diproduksi dengan antar muka grafis ini dipasarkan di harga US $9,995 saat diluncurkan. Namun, produk ini langsung kehilangan pemintanya setelah beredarnya produk Macintosh yang harganya lebih murah.

3.       NeXT Computer (1989)

Produk ini merupakan karya Steve Jobs setelah keluar dari Apple. Komputer ini sangat canggih dimasanya. Akan tetapi sama seperti Apple III dan Lisa, produk tersebut dirasa terlalu mahal.

4.       Puck Mouse (1998)

iMac merupakan produk penting pertama yang dihasilkan Steve setelah kembali ke Apple tahun 1996 dan meraih sukses besar meski menggunakan mouse bulat yang kecil. Sayangnya, karena terlalu kecil dan sulit dalam penggunaannya, maka produk ini diabaikan.

5.       The Cube (2000)

Komputer desktop kecil ini dilapisi oleh casing plastick yang sangat cantik. Ia memenangkan berbagai penghargaan dari sisi desain, namun gagal di pasaran karena harganya mahal. Dari sisi desain, produk ini memang mumpuni nan melegenda, namun tidak banyak orang yang mau merogoh koceknya untuk membeli produk tersebut.

6.       Itunes Phone (2005)

Iphone bukanlah ponsel pertama Apple. Pada tahun 2005, Apple bekerja sama dengan Motorola Inc untuk meluncurkan ponsel Motorola ROKR. Pada dasarnya produk tersebut cukup baik, namun sebagai pemutar usik, produk ini tertinggal jauh dibandingkan Ipod. Bayangkan saja, produk ini hanya mampu menyimpan 100 lagu dan proses transfernya pun sangat lambat. Tidak hanya itu, Apple juga dikritik karena tidak memperkenankan pengguna melakukan download lewat jaringan seluler.

7.       Apple TV (2007)

Produk ini merupakan Produk setengah hati Steve. ia sendiri sempat mengatakan bahwa Apple TV hanyalah hobi saja. Produk ini merupakan kotak kecil yang menghubungkan TV dan Mac di rumah. Selain mahal, pemasangan yang rumit dan susah digunakan menjadi faktor utama produk ini rendah peminatnya. Namun pada tahun 2010, Apple memperkenalkan Apple TV yang lebih murah, lebih baik, dan didesain untuk sambungan internet.

Dari produk-produk gagal tersebut dapat kita lihat bahwa semangat Steve Jobs lah yang dapat kita tiru. Walaupun banyak mengalami kegagalan, dia tidak pantang menyerah dan terus melalukan inovasi-inovasi sehingga masyarakat dapat merasakan kecanggihan produk Apple seperti sekarang ini. 



Sumber: http://onthespot7langka.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar