Pages

Fish Spa ternyata Berbahaya!!!


 Fish Spa

Saat anda berjalan-jalan di mall, pernahkah anda lihat penawaran perawatan spa yang menggunakan ikan sebagai alatnya??? Mereka menamakannya dengan “Fish Spa”. Dikatakan, spa ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada tubuh kita. Cara kerjanya yang unik yang memakai ikan kecil dan terkesan ‘main air’ ini pun langsung menyita perhatian orang. Terbukti dengan banyak masyarakat yang mencoba perawatan spa ini.
 
Dalam Fish Spa, ikan yang digunakan tidak sembarangan. Mereka menggunakan ikan jenis Garra Ruffa atau Nibble Fish, yang berasal dari Turki. Cara kerjanya mirip seperti batu apung, yang dapat mengikis sel-sel kulit mati tubuh kita. Ikan-ikan tersebut memakan sel-sel kulit mati kita. Ukurannya yang kecil digadang-gadang dapat memakan sel kulit mati hingga ditempat-tempat yang sulit dijangkau pada umumnya, seperti lipatan, sela-sela jari kaki. Sehingga kesan bersih dapat dirasakan di seluruh tubuh. Ikan tersebut juga tidak seperti perawatan tubuh lainnya yang terkesan ‘memaksa’ kulit untuk terlepas, fish spa atau fish therapy hanya memakan sel kulit mati, sehingga tidak mengganggu jaringan kulit lain.


 Fish Spa yang Aman

Cara kerjanya cukup mudah, anda tinggal menyelupkan kaki anda atau tubuh yang anda inginkan untuk di spa, nanti ikan-ikan kecil tersebut akan ‘menyemut’ mengelilingi tubuh anda dan ‘mematuk-matuk’ kulit tubuh anda. Tidak ada kesan sakit disini, hanya gelid an sedikit syok jika pertama-tama mencobanya. Hal tersebut karena bisa dibayangkan ratusan atau bahkan ribuan ikan mengerubungi anda.
Ada satu poin penting dalam Spa jenis ini, yaitu kebersihan air yang digunakan. Baru-baru ini, Health Protection Agency (HPA), sebuah organisasi kesehatan di Inggris menyebutkan bahwa spa untuk kaki ini ternyata dapat menyebarkan penyakit seperti HIV dan Hepatitis C. Kenapa hal tersebut dapat terjadi?

 Fish Spa yang Berbahaya

Dikatakan, Mikro organisme atau bakteri akan berada di dalam air jika dalam proses spa tersebut terjadi pendarahan atau luka akibat pengelupasan sel kulit mati. Penyebaran penyakit tersebut dapat terjadi bila air dalam spa itu tidak diganti. Dapat dibayangkan, jika kita terluka dan kita menggunakan air yang sudah terkontaminasi darah mereka yang berpenyakit Hepatitis atau bahan HIV, kontaminasi bakteri dan virus pun tidak bisa dihindari.

 Apalagi yang ini... ckckck...

Oleh karena itu, ketelitian dan kewaspadaan kita harus ditingkatkan, khususnya dalam proses penggantian air di spa ini. Kita harus teliti dan dapat memilih tempat yang terpercaya yang senantiasa mengganti air untuk setiap pelanggan.

Tetapi, fakta yang ada, saya kok sering lihat ya di mall-mall, para pengunjung mencelupkan kakinya bersama-sama…?? Wadooohhh….. gawatt juga yaaa…


Semoga ulasan ini dapat menambah referensi anda ya…. Mencegah lebih baik daripada mengobati!!!


T.ia, 

 Gambar:
rachmaditanisaa.blogspot.com, keripiku.blogspot.com, octoviana.com, medan.olx.co.id

2 komentar:

Kevin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Punya.Tia mengatakan...

betuuulll... saya sudah mampir di blog anda mas.. lucu bgt...hehhee

Posting Komentar